41 Wisata di Batu Malang Yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Wisata Di Batu Malang - Kota Batu Malang terletak di 800 meter di atas permukaan laut, dengan suhu dingin 17-25,6 derajat celcius. Kota Batu merupakan daerah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan. Secara geografis, Batu adalah daerah tropis. Potensi daerah ini berasal dari produk agro, buah, sayuran, panorama gunung dan perbukitan. Ketika para pengunjung masuk ke kota Batu, udara pegunungan yang segar akan menyambut anda.

Batu telah menunjukkan potensi wisata alamnya yang indah. Alternatif yang telah dilakukan adalah kolam Cangar yang hangat, telah diperbaiki dan direnovasi. Sementara itu, tempat lain sebagai alternatif pariwisata baru juga mulai bermunculan,seperti; Jatim Park, Selecta, Songgoriti, Wisata Agro, air terjun Coban Rondo, Gunung Panderman, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Ukir, Gunung Banyak dan masih banyak lagi.

Kota Batu adalah obyek wisata utama di Jawa Timur bagi wisatawan domestik dan asing. Ada banyak objek wisata di Batu yang menjadi objek impian bagi para pengunjung, terutama tur gunung. Untuk mendukung objek-objek wisata tersebut, Batu telah difasilitasi dengan hotel, penginapan, villa dan pondok-pondok lain, yang memiliki nuansa pegunungan. Selain itu, kota Batu juga disebut "Kota Batu Jutaan Jiwa".

Selain sebagai kota wisata, Kota Batu memiliki banyak jenis seni budaya, baik seni dan budaya tradisional, seperti; Kuda Lumping (Kuda Tari), Campursari (Musik Jawa), dll. Batu juga dikenal sebagai kota agro dan kota seniman, karena memiliki banyak galeri seni dan lukisan.
Kota Batu juga memproduksi apel, sayuran, dan bawang putih.

Wisata Agro Kusuma

Wisata di Batu Malang
Wisata Agro Kusuma terletak di desa Ngaglik, kabupaten Batu. Layanan one stop shooping telah dilaksanakan di Agro Kusuma Tourism. Pengalaman tak terlupakan dapat ditemukan di sini setelah mengunjungi perkebunan apel, bunga, kopi, strawberry, dan sayuran hidroponik (non-insektisida).

Wisata agro, yang didukung oleh hotel mewah, terletak di perkebunan 17 hektar. Objek wisata ini memungkinkan para pengunjung untuk memetik apel langsung dari pohon. Kami baru saja bertemu kegiatan yang menarik ini di pariwisata Agro Kusuma. Anda dapat memilih apel dan jeruk di area perkebunan dan mencicipinya. Rasakan buah segar dan sehat dari pohonnya.

Anda dapat melihat proses pengeringan kopi, atau membeli sayuran, yang bisa segera dimasak. Karena perkebunannya luas, bisa digunakan untuk joging, bersepeda, bermain dan menunggang kuda. Selain itu, memiliki kebun binatang mini, bumi perkemahan, dan kolam renang. Jangan lupa, sebelum meninggalkan Kusuma Agro Batu, Anda dapat membeli oleh-oleh dari produknya, termasuk; jenang, cuka apel, dan jeruk. Kami juga dapat menikmati berbagai produk makanan kota Batu, seperti; apel, kuncup, apel brem, dan stroberi.

Wisata Agro Kusuma difasilitasi dengan kebun binatang mini, rumah hijau, bar, restoran, kedai kopi, kolam renang hangat, gedung badminton, lapangan tenis, lapangan voli, dll.

Jatim Park

Wisata di Batu Malang
Jawa Timur (Jatim) Park berlokasi di Jl. Kartika 2 Batu menawarkan wisata rekreasi hiburan baru untuk semua tingkatan. Ini dimulai dari anak-anak, remaja hingga nenek dan kakek. Tentu saja objek wisata ini telah dijadikan kawasan wisata keluarga di Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, tidak terlalu sulit, karena, objeknya hanya 2, 5 kilo meter dari kota Batu. Obyek wisata ini sekitar 22 hektare dengan ketinggian 850 meter ke permukaan laut, menyimpan aneka ragam ilmu, dan area rekreasi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk bersantai.

Taman Jatim mungkin telah mengatakan sebagai objek wisata yang berbeda di provinsi Jawa Timur, selain menawarkan tempat rekreasi dan pusat belajar, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan baru. Taman Jatim memiliki setidaknya 36 jenis fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Sebelum menikmati semua fasilitas pendukung untuk tempat rekreasi, para pengunjung akan menemukan pemandangan yang menarik dari 'Galeri Nusantara'. Kemudian melangkah ke 'Taman Sejarah', yang berisi miniatur candi di Jawa Timur seperti Candi Sumberawan (Singosari-Kabupaten Malang), rumah adat Kiai Hasan Besari Ponorogo dan Patung Sumberawan.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah 'Agro Park' yang menyajikan hasil panen dan buah-buahan langka, hewan diorama, yang terdiri dari hewan unik yang telah dilestarikan, mendukung permainan (bowling, melempar bola, skuter disko), Ken Dedes dan Ken Arok makanan pusat, dll.
Jatim Park cocok untuk rekreasi keluarga. Situs rekreasi di sini menawarkan wisata yang tak terlupakan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif untuk anak-anak Anda.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo adalah situs resmi dari Jawa Timur Park atau Jatim Park 2 yang terletak di kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo adalah kebun binatang modern, lengkap dengan desain arsitektur tinggi dan jumlah koleksi binatang. Kebun binatang ini bisa diakses sekitar 30n menit dari kota Malang atau 90 menit dari Surabaya. Apalagi lokasi ini juga dekat dengan taman rekreasi lainnya, yaitu Batu Night Spectacular atau BNS.

Dengan berbaring di tanah 2 hektar, ada tiga bagian menjadi rute pengunjung selama eksplorasi ke kebun binatang ini. Bagian pertama adalah tentang kebun binatang. Para pengunjung yang masuk ke pintu gerbang, dapat menjelajahi hewan-hewan di beberapa kandang buatan. Hewan-hewan tersebut diambil dari seluruh dunia yang endemik dan terbagi menjadi beberapa bagian seperti tanah harimau, Savannah Land, Hippo dan Croc Garden, River Adventure, Safari Farm, zona Reptil dan sebagainya.
Sambil menikmati hewan eksotis, para pengunjung juga dapat mengalami pemandangan indah di sepanjang jalan menanjak dan menurun.

Bagian kedua disebut Museum Satwa atau The Animals Museum. Isi dari museum ini adalah tentang tulang binatang, seperti, dinosaurus; hewan-hewan prasejarah buatan, buatan hewan-hewan yang punah dan hewan yang diawetkan seperti kupu-kupu, musang, rusa, beberapa ikan dan banyak lagi. Museum ini berdiri di dekat gerbang keluar dari bagian utama. Museum ini memiliki eksterior bangunan putih mewah dan desain interior yang tinggi.

Cangar

Wisata di Batu Malang
Wisata Cangar terletak di desa Tulungrejo, distrik Bumiaji. Cangar adalah tempat wisata gunung lainnya. Cangar juga memiliki kolam air panas dengan suhu 30 C - 40 C. Kolam ini juga mampu menyembuhkan penyakit kulit. Para pengunjung akan menikmati pemandangan alam disekitarnya.

Wisata Cangar memiliki beberapa fasilitas pariwisata yang akan membuat semua pengunjung nyaman untuk mengunjungi kawasan wisata ini, mereka adalah; wisata alam, camping ground, kolam air panas, hutan penelitian, aula, dll.

Gua Jepang Gua Cangar

Jepang terletak di kompleks wisata Cangar, Desa Tulungrejo, Kabupaten Bumiaji. Gua ini adalah warisan Jepang, ketika Jepang menjajah Indonesia. Ini dianggap sebagai daerah pertahanan dan pemasok logistik Jepang dalam penjajahan mereka.

Gua Jepang memiliki panjang 12 meter dan tinggal di sepanjang kompleks Cangar, tapi kita bisa memasukkannya sedikit sedikit karena beberapa gua adalah tumpukan tanah.

Selecta

Wisata di Batu Malang
Selecta adalah salah satu objek wisata yang menarik di Batu yang ramai dikunjungi banyak pengunjung. Terletak di desa Tulungrejo, distrik Bumiaji, sekitar 13 km dari kota. Selecta adalah objek wisata yang menawarkan kejamnya udara dengan lebar 20ha. Tempat ini memiliki fasilitas kolam renang, petak bunga, hotel, restoran, dan taman bermain.

Selecta dibangun pada tahun 1928 oleh seorang Belanda bernama Reyter Dewild. Itu berada di lembah dengan ketinggian 1100 m dpl. Temperaturnya 17 C. Di kawasan wisata ini, ada Hotel Bima Sakti, yang memiliki pusat kesehatan dan resor Presiden Indonesia pertama Soekarno dan Moh. Hatta yang digunakan untuk menerapkan konsepsi negara.

Memiliki berbagai fasilitas pendukung obyek wisata, misalnya kolam renang, restoran, area parkir yang luas, keamanan, pasar buah-buahan, musholla, lapangan tenis, taman bermain, dll. Dari titik tersebut, Selecta telah menjadi tempat rekreasi favorit untuk rekreasi keluarga, aktivitas piknik, menyegarkan, dll. Daerah ini selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan untuk menikmati liburan mereka dan melakukan banyak kegiatan rekreasi, seperti; berenang, berjalan-jalan, dll.

Songgoriti

Wisata di Batu Malang
Songgoriti terletak di desa Songgokerto, Kabupaten Batu, di bawah bukit Gunung Panderman dan memiliki kolam air panas. Ada kuil Songgoriti dan Patung Ganesha sebagai kelalaian kerajaan Singosari dan zaman Belanda. Kuil Songgoriti terletak di sebuah dale yang memisahkan antara pegunungan Arjuna dengan gunung Kawi. Kuil ini dibangun dengan mata air panas, yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Dilihat dari gaya arsitekturnya yang sederhana, candi ini tergolong candi tertua di Jawa Tengah dan disainnya menggambarkan Jawa Tengah.

Objek wisata Songgoriti dikelilingi oleh pemandangan alam, sehingga memiliki udara segar dan sejuk. Objek ini sangat menarik bagi siapa saja yang ingin berkeliling untuk bersantai atau merasakan nuansa alam yang sesungguhnya.

Candi Supo Songgoriti

terletak di desa Songgoriti, desa Songgoriti, kabupaten Batu. Candi tua ini terletak di kawasan wisata Songgoriti dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Candi Supo adalah candi warisan mojopahit dan diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat mencuci pusaka ribuan tahun yang lalu. Hal ini difasilitasi dengan; kolam hangat, kolam renang, hotel, villa, kios bunga, toko suvenir, dll.

Gunung Banyak

Wisata di Batu Malang
Gunung Banyak terletak di desa Songgokerto, kabupaten Batu. Gunung Banyak juga memiliki pemandangan alam yang indah. Gunung ini merupakan obyek wisata yang diaplikasikan untuk olahraga unik yang disebut 'Paralayang' atau 'Gantole' dan olahraga di bawah bukit. Olahraga Paralayang adalah olahraga terbang bebas seperti burung. Ini adalah olahraga alami gratis. Olahraga ini hanya dilakukan di bukit dan gunung. Para atlet harus menggunakan angin untuk terbang dan menikmati udara bebas. Pertunjukan biasa atau juara paralayang baik di tingkat internasional maupun nasional sering diadakan di Gunung Banyak.

Gunung Banyak difasilitasi dengan tempat peristirahatan dan pangkalan Paralayang. Anda akan menikmati pemandangan alam yang indah di Gunung Banyak dan juga bertemu dengan beberapa atlet Paralayang. Jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini, pemandu akan menemani Anda dan merasakan petualangan alam di sini.

Gunung Panderman

Wisata di Batu Malang
Gunung Panderman terletak di desa Toyomerto, desa Songgokerto, Kabupaten Batu. Panderman sangat terkenal sebagai obyek wisata hiking dan camping. Makanya, tempat ini telah menjadi obyek wisata favorit para pecinta alam dan petualang.

Jika bisa mencapai puncak gunung Panderman, Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dan juga melihat kota Batu dan Malang dari atas. Selain itu, ada juga pusat bunga dengan berbagai tanamannya. Melalui Jalan Sidomulyo, kita bisa menemui banyak toko bunga.

Gunung Panderman difasilitasi dengan pos keamanan, jalan, pos, kios kopi, bumi perkemahan, dll. Nikmati kehidupan alam yang sesungguhnya di Gunung Panderman dan rasakan udara sejuk di sini.

Coban Talun

Wisata di Batu Malang
Wisata air terjun Coban Talun terletak di dusun Junggo, desa Tulungrejo, kabupaten Bumiaji. Air terjun itu terletak di antara batu-batu besar. Batu besar dari batu putih mendominasi isi sungai. Di dasar air terjun ada air kolam superfisial yang meluap-luap.

Air terjun Coban Talun dikelilingi oleh hutan dan gunung yang sejuk. Karena keindahan alamnya, area ini sering dijadikan area camping ground. Tempat berkemah ini terletak di satu area dengan air terjun Coban Talun. Daerah alam dan dingin, membuat banyak pengunjung, baik dari dunia pendidikan dan masyarakat, menarik untuk mengunjungi berkemah ini. Namun para pengunjung harus memiliki stamina yang pas untuk mencapai lokasi, karena jalur jalannya miring.

Gua Jepang Coban Talun

Gua yang memiliki kedalaman 5 meter ini terletak di daerah Coban Talun, tak jauh dari kolamnya. Tempat ini terletak di dusun Junggo, desa Tulungrejo, kabupaten Bumiaji. Gua ini memiliki struktur yang unik; terlihat seperti huruf 'T'.

Wisata Air Terjun Coban Rais

Wisata di Batu Malang
Air terjun Coban Rais terletak di dusun Dresel, desa Oro-Oro Ombo, kabupaten Batu. Ini difasilitasi dengan wisata air terjun, bumi perkemahan, dan area parkir yang luas.

Coban Rais adalah salah satu wisata air terjun di kota Batu. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus melewati jalur miring, jalur hutan, dan menyusuri sungai, sekitar 30 menit. Sepanjang jalan, Anda akan menikmati panorama indah kota Batu.

Coban Rais juga sering digunakan sebagai area berkemah, mendukung air terjun setinggi 20 meter dan nuansa alam. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi obyek wisata ini. Para pengunjung dapat memperoleh banyak hadiah alam di sini.

Camping Ground Area

Wisata di Batu Malang
Brantas Camping Ground Area 

Brantas camping ground memiliki udara yang sejuk dan lingkungan yang bersih yang menjadikan objek wisata ini sangat menarik untuk dijadikan area camping ground.

Raden Suryo Camping Ground Area tempat 

berkemah Raden Suryo terletak di desa Sumberbrantas, desa Tulungrejo, distrik Bumiaji. Ini difasilitasi dengan area camping ground yang luas, area parkir, keamanan, Mushola, kios makanan, dll.

Kawasan camping ground ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah dan penelitian kehutanan atau pertanian. Hal ini juga didukung dengan pemandangan alam yang indah dan gunung lereng Arjuno yang menghasilkan sumber air panas.

Kemudian, pengunjung dapat mencoba camping ground dan membandingkan camping ground yang nyaman, Brantas dan Raden Suryo camping ground.

Alun-alun Batu

Wisata di Batu Malang
Alun-alun Kota Batu juga disebut sebagai Alun-alun seribu bunga. Berada di Jl. Gajahmada, Desa Sisir, Kabupaten Batu. Ini memiliki taman kota, mal, pusat souvenir dan festival publik. Lokasinya sangat strategis, karena tepat berada di pusat kota Batu, tepatnya di samping 'Tugu Apel' (Monumen Apel). Ini adalah pusat kegiatan ekonomi, rekreasi dan wisata kuliner di malam hari.
Kawasan rekreasi ini sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menghabiskan hari akhir pekan dan menikmati nuansa nuansa kota Batu.

Taman Torong

Tidak jauh dari alun-alun kota, ada sumber air dengan panorama alam dan lapangan di sekitarnya. Terletak di desa Torong, desa Sisir, kabupaten Batu. Kawasan ini asli dan pemandangan alam yang sesungguhnya memiliki udara segar dan sejuk.

Perkebunan Batu

Wisata di Batu Malang
Punten Orchid

Kota Batu adalah kota yang dingin dan nyaman, yang memiliki banyak petani anggrek Punten. Terletak di desa Punten, kabupaten Bumiaji. Untuk stok yang dibutuhkan anggrek, Punten memiliki banyak stok untuk pasar kota Batu, termasuk di Malang dan daerah lainnya.

Aksesoris Bunga

Selain bunga anggrek, desa Punten juga memproduksi aksesoris bunga yang sering didistribusikan ke Bandung, Yogyakarta, Malang dan bahkan di luar negeri. Desa lain yang memproduksi aksesoris bunga adalah desa Bulukerto, distrik Bumiaji.
Selain dikenal sebagai produsen apel, kota Batu juga terkenal dengan aksesoris bunga. Jika kita pergi berwisata ke kota Batu, kita bisa mendapatkan banyak koleksi bunga. Sangat menarik bagi kolektor bunga dan anggrek.

Green House (Perkebunan)

Kota Batu sebagai kawasan agro bisnis telah berkembang dengan produk perkebunannya berkualitas tinggi. Sebagai contoh, Kota Batu memiliki Green House yang terletak di desa Pendem, distrik Junrejo. Green House ini memproduksi berbagai produk perkebunan dan telah diekspor ke Jepang.

Mawar (Holland, Singapore, India)

Bunga mawar dari kota Batu sangat terkenal. Lokasi pertumbuhan bunga ini adalah desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Ada budaya agri Rose di sini. Mawar dibagi menjadi tiga kelas, mereka; Holland Rose, Singapura Rose, dan India Rose. Kapasitas bunga yang dihasilkan adalah 3000 - 4.000 tangkai setiap harinya. Ini juga tersedia dalam vas. Area pasar untuk bunga ini, termasuk Bali, Medan dan Jakarta.

Wisata Desa

Wisata di Batu Malang
Perkebunan Apel

Perkebunan Apel ini terletak di desa Sidomulyo. Desa ini menawarkan perkebunan Apel yang luas yang memiliki apel segar dan sehat dari pohon-pohon. Para pengunjung diizinkan untuk memetik apel secara langsung dan mencoba menikmati udara segar dari perkebunan apel. Wisata desa difasilitasi dengan beberapa penginapan dan pemandangan yang indah.

Desa Sayuran Eksotis Kampung

sayuran terletak di Desa Pandanrejo, Desa Girinpuro dan Desa Tulungrejo, Kabupaten Bumiaji. Para pengunjung akan menemui banyak sayuran segar di sini dan mereka dapat membelinya. Ada banyak jenis sayuran segar di sini, termasuk; brokoli, kailan, lektus, buncis, wortel, kubis, dll.

Desa Bunga

Saat para pengunjung memasuki desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, maka mereka akan tercengang dengan banyak bunga yang indah. Para pengunjung akan menemukan bunga alami dan memungkinkan membeli. Terletak di desa Pandanrejo, distrik Bumiaji.

Seni dan kerajinan Khas Batu Malang

Wisata di Batu Malang
Kerajinan Patung

Terletak di desa Dadaprejo, kabupaten Junrejo. Industri kerajinan patung ini memiliki hubungan bisnis dengan Jepang. Ini juga telah diekspor ke berbagai negara di dunia dan daerah setempat, seperti; Malang, Surabaya, dll. Kerajinan patung ini memiliki harga yang berbeda, tergantung pada bentuk dan ukurannya.

Mebel Antik

Selain dikenal dengan nama kota Apple, kota Batu juga terkenal dengan perabotannya. Industri mebel antik terletak di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Furnitur itu sering dikirim ke Bali, Malang dan bahkan Malaysia. Di Bali, furnitur ini digunakan untuk upacara tradisional.

Kerajinan Besi (Alat Gong Dan Pertanian) 

Industri kerajinan besi terletak di desa Junrejo, distrik Junrejo. Kerajinan besi yang terkenal yang dibuat oleh Batu adalah alat kerajinan dan alat pertanian gong (alat musik Jawa). Meskipun menggunakan alat manual, industri ini mampu menghasilkan 25-30 sekop setiap hari. Selain itu, industri kerajinan ini mampu bersaing di pasar internasional dan sering mendapat pesanan dari Belanda, Jerman dan Australia.

Kerajinan

Cobek Cobek adalah cangkir mangkuk kecil yang biasa digunakan untuk merebus beberapa bahan. Industri ini terletak di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Batu. Harga biasanya tergantung pada bentuk dan ukuran. Ini biasa dikirim ke Jember, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi dan juga daerah lainnya ke Jawa. Bahan utama diambil dari Blitar dan Gunung Ngantang.

Kerajinan Kayu (Househoold)

Kerajinan tangan lainnya di kota Batu adalah kerajinan kayu rumah tangga, termasuk nasi, spatula, dll. Terletak di desa Junrejo dan Beji, distrik Junrejo. Ada banyak handcrafter disini yang mampu menghasilkan produk sekitar 2000.

Kerajinan Kayu Wijaya

Industri kerajinan kayu ini terletak di desa Mojorejo, distrik Junrejo. Kerajinan kayu ini terbuat dari kayu Wijaya dan telah diekspor ke beberapa negara, termasuk; Jepang dan Korea.
Produk termasuk; miniatur anak-anak, peralatan sekolah untuk taman kanak-kanak, dll. Para pembeli lokal juga sering memesan kerajinan kayu ini sebagai desain mereka.

Industri Kerajinan

Selain sebagai kota wisata, Batu juga dikenal sebagai kota industri rumahan. Terletak di desa Beji, Kabupaten Junrejo. Ada berbagai kerajinan yang biasanya dijual sebagai oleh-oleh. Desa Beji mampu menghasilkan 25 jenis kerajinan tangan.

Industri Kerajinan Plastik Industri

rumah plastik ini terletak di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Batu. Ada banyak pengusaha di sini dan kebanyakan dari mereka adalah anggota masyarakat sekitar. Industri ini mampu menghasilkan 2000 kantong plastik setiap harinya. Tas plastik adalah produk kerajinan tangan yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Produk ini bahkan dikirim ke negara lain.

Kerajinan Kompor 

Kompor adalah salah satu produk kerajinan industri rumahan yang terletak di desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kompor adalah rumah tangga yang berguna yang sering dipesan oleh banyak pelanggan. Kompor buatan tangan ini telah menyebar ke berbagai kota di Indonesia, termasuk; Medan, Maumere dan Lampung.

Industri Kuningan

Saat ini, kerajinan kuningan merupakan produk yang langka di masyarakat kita. Tapi kota Batu masih memiliki pengrajin kuningan dan menghasilkan produk kuningan sesuai kebutuhan konsumen. Industri rumah tangga ini berada di desa Dadaprejo, Kabupaten Junrejo. Produser ini mampu memasok kerajinan kuningan berdasarkan pesanan konsumen. Kerajinan kuningan ini merupakan produk pengiriman dan konsumen bisa memesan desain apapun sesuai keinginan.

Oleh-oleh Makanan Khas Batu Malang

Wisata di Batu Malang
Cincao

Cincao adalah bahan makanan yang biasa digunakan untuk membuat es, kolak, dan lain-lain. Produser Cincao terletak di desa Tlekung, kabupaten Junrejo. Di musim hujan, produsen mampu menghasilkan 60 kaleng sehari. Pada musim kemarau mampu menghasilkan 200 kaleng dengan 20 liter untuk 1 kaleng.

Cuka Apel Wukir Sari

Dikenal sebagai kota Apple, Batu menggunakan Apple untuk membuat cuka. Para perempuan di desa Temas, Kabupaten Batu mencoba memproduksi cuka, menggunakan Apple sebagai bahan utama. Cuka segar dengan aroma Apel, berjudul Wukir Sari. Cuka ini memiliki sertifikat dari Dinas Kesehatan Kota Batu.

Dodol Apel

Dodol Apel adalah makanan khusus kota Batu. Kue ini dibuat di desa Bumiaji, distrik Bumiaji. Ciri khas Dodol Apel terbuat dari buah apel asli. Produser ini mampu menghasilkan 600 - 700 box dalam 15 hari. Kue tersebut telah didistribusikan ke banyak toko di Batu dan juga ke kota-kota lain, seperti Malang dan Kalimantan Timur.

Jika Anda mengunjungi Batu, Anda dapat membeli Apple Dodol ini untuk souvenir untuk keluarga Anda.

Jamur Tiram Putih 

Jamur tiram tampak seperti kulit cangkang yang memiliki protein tinggi (19-35%), lebih tinggi dari nasi dan susu. Selain itu, Jamur ini terdiri dari (7,4-27,6%) serat dan rendah lemak. Perkebunan Jamur Tiram putih terletak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu dan Desa Sumbergondo, Kabupaten Bumiaji. Ini adalah makanan kesehatan dan mampu mengatasi masalah kesehatan Anda. Ada banyak orang yang suka mengonsumsi jamur ini, terutama untuk hotel di Batu dan Malang. Selain warna putih, Jamur Tiram ini juga tersedia dalam warna coklat dan kuning. Jamur Tiram mampu menghasilkan 10 - 15 kg sehari.

Keripik Apel

Makanan khusus lainnya dari Batu adalah keripik Apel yang terbuat dari buah apel. Camilan ini sudah banyak diketahui oleh wisatawan yang pernah mengunjungi kota Batu. Camilan ini sangat lezat yang cocok untuk souvenir.

Selain sebagai bahan utama, kota Batu juga menyajikan chip lain yang terbuat dari kentang, nangka, pisang, singkong, tempe, dan lain - lain. Keripik tersebut merupakan produk utama Batu.

Minuman

Apple Metamorfosis Apple lainnya adalah minuman Apple. Ada banyak industri rumah di Batu yang memproduksi minuman Apple ini, salah satu produk minuman dengan rasa Apple. Mereka mampu menghasilkan 70 kotak, 1 kotak terdiri dari 24 botol, dalam sehari.

Produk ini memiliki sertifikat kesehatan dari Departemen Kesehatan Pemerintah Kota Batu. Cobalah untuk membeli minuman Apple dari Kota Batu dan mencicipi rasa asli dan segar dari Apple. Untuk pengecer atau distributor yang ingin menjual produk ini disambut baik.

Post a Comment

Previous Post Next Post