15 Wisata di Kamboja Populer dan Eksotis

Kamboja adalah salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal. Daya tarik utama  dari negara ini adalah sebuah candi yang dinamakan Angkor Wat . tempat ini juga ditetapkan UNESCO sebagai warisan Budaya dunia dan masuk nominasi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Selain itu, anda dapat menjelajahi pantai-pantai berkilauan di Semenanjung Kep. Sementara itu, tempat-tempat seperti Sihanoukville dan Battambang juga menjadi favorit  backpacker. Serta anda bisa menjelajahi ibukota Phnom Penh yang menawarkan gambaran yang informatif dan mencerahkan tentang kengerian masa lalu abad ke-20 Kamboja yang dibuktikan dengan kuil dan istana kerajaannya yang masih bisa dilihat sampai sekarang.

Di barat negara ini berbatasan dengan Thailand, Negara ini memiliki bentang alam yang cukup beragam, dibagian utara anda bisa menjelajahi Pegunungan Cardamom yang liar, serta anda bisa melihat desa-desa yang masih belum terlalu terpengaruh oleh dunia luar, serta anda bisa melihat kuil Khmer yang misterius.

Jadi, jika Anda mencari tujuan yang memadukan antara petualangan, adrenalin, sejarah, budaya dan relaksasi tropis dalam satu tempat , Kamboja mungkin adalah tempat yang tepat untuk anda.

Mari kita jelajahi tempat terbaik untuk dikunjungi di Kamboja :

1. Angkor

Angkor wat
Angkor Wat merupakan salah satu tempat yang paling terkenal di Kamboja, dan tidak diragukan lagi, tempat ini merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi di Kamboja. tempat ini juga ditetapkan UNESCO sebagai warisan Budaya dunia dan masuk nominasi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Sayangnya, pagoda legendaris dengan stupa seperti penutup anggur ini juga merupakan salah satu tempat wisata teramai di negara ini.

Namun, jika anda ingin mencari tempat yang lebih menantang, Anda bisa pergi ke Siem Reap untuk  melihat kuil yang juga cukup direkomendasikan. Berada ditengah-tengah sawah dan hutan lebat, disini terdapat kuil yang ditumbuhi akar pohon. Tempat ini merupakan tempat suci agama Hindu yang mempesona.

Mungkin anda akan mendengar nyanyian para biksu Buddha dan wisatawan yang riuh rendah disini. di antara relief-relief kuil yang rumit dan patung batu-batu hewan mitos.

2. Sihanoukville

Sihanoukville
Sihanoukville merupakan salah satu tempat di Kamboja yang merupakan kota pantai dan menjadi favorit para backpacker. Tempat ini dipenuhi berbagai hostel murah  yang tersebar di sepanjang pantai.

Pantai adalah tempat wisata siang dan malam, dengan tempat-tempat rekreasi yang menawarkan banyak kursi santai dan olahraga air Ochheuteal. Untuk menikmati pantai yang sedikit lebih sepi, Anda juga bisa berjalan di sekitar tanjung menuju Pantai Otres yang jarang dikunjungi wisatawan, atau anda bisa pergi ke Pantai Sokha, yaitu sebuah pantai terpencil di dekat Pantai Otres.

3. Phnom Penh

pnhom penh
Phnom Penh adalah kota yang selalu berkembang, sebuah kota di mana rumah-rumah penduduk berbaur dengan kuil berlapis emas serta jalan raya lurus khas abad ke-21. Kota ini juga merupakan tempat yang bagus untuk memahami budaya Kamboja secara keseluruhan; sebuah nnegara yang memadukan sejarah dan teknologi.

Di kota ini juga terdapat kompleks Istana Kerajaan yang mewah dan berkilau dengan menara Pagoda Perak di pusatnya. Untuk merasakan kehidupan masyarakat disini, pastikan untuk memukul Sibow Quay yang berdengung, yang membentang di sepanjang Sungai Mekong, di tengah pasar dan di tempat-tempat wisata.

Dan di kota ini anda dapat menemukan Killing Fields tepat di pinggir kota, sebuah monumen peringatan yang menyedihkan dan mengerikan tentang kengerian masa lalu Kamboja pada abad ke-20.

4. Kratie

kratie
Kota ini dihiasi oleh liku-liku Sungai Mekong karena mengalir ke arah delta dan Laut Cina Selatan di tenggara, tempat santai ini perlahan tapi pasti mengangkat dirinya menjadi salah satu tempat favorit untuk persinggahan backpacker di Kamboja. Disini anda dapat dengan mudah menemukan tempat penginapan dan hostel murah. Disini anda bisa berwisata menikmati reruntuhan tua di Sambor dan pasar kerajinan tradisional di atas air.

Tapi bukan itu saja, karena Kratie juga terkenal sebagai salah satu tempat terfavorit untuk melihat lumba-lumba sungai Kamboja. Wisata untuk melihat lumba-lumba ini dibuka setiap hari.

5. Siem Reap

siem reup
Kebanyakan orang berduyun-duyun ke Siem Reap untuk melihat  Ankgor Wat. Namun, juga berkat masuknya orang-orang yang datang dalam beberapa dekade terakhir, yang satu ini telah berkembang menjadi tempat yang bagus untuk dikunjungi dengan sendirinya.

Anda bisa melihat-lihat sebuah kota tua dari rumah-rumah mewah yang bergaya Prancis yang anggun dan toko-toko Cina yang mempesona, semuanya diselingi oleh keramaian pasar Psah Chas yang,  Dan bar backpacker yang tak terhitung jumlahnya (carilah Street Pub yang tepat) . Ada juga beberapa museum yang benar-benar hebat di Siem Reap, seperti Museum Ranjau Darat Kamboja yang tenang dan Museum Perang Kamboja yang juga cocok untuk dikunjungi.

6. Koh Ker

koh her
Koh Ker adalah bangunan yang mirip Angkor Wat, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Terletak jauh di dalam hutan di utara Kamboja, tempat itu dulunya merupakan ibu kota Kekaisaran Khmer yang hebat selama 20 tahun.

Kuil ini memiliki stupa yang rumit yang menonjol dari kanopi dan terdapat kuil Prasat Thom yang memiliki tinggi lebih dari 30 meter di atas permukaan tanah.Anda juga bisa melihat rangkaian benteng yang rumit yang berasal dari abad ke-10, dan reruntuhan puing-puing yang sekarang hampir seluruhnya ditumbuhi oleh akar pohon jati raksasa. Tempat ini juga bisa dijadikan alternatif jika Angkor wat ramai dipadati wisatawan.

7. Koh Rong

koh rong
Pulau berbentuk segi delapan ini berada di perairan Teluk Thailand di tengah Laut Cina Selatan. Pulau ini juga merupakan gambaran kesempurnaan pulau tropis.

Memiliki hamparan pasir putih yang indah, suasana disini lebih tenang daripada di selat Sihanoukville. Terdapat Bungalow dan anda juga bisa berjalan-jalan melintasi hutan, atau menikmati keindahan dalam laut, dengan menyewa alat-alat snorkeling disini.

Koh Rong juga terkenal dengan air bioluminescentnya, yang berkilauan di bawah langit yang gelap di malam hari - Anda akan melihat mereka jika Anda tidak terlalu sibuk menenggak bir di dekat Desa Koh Tuch!

8. Banlung

banglong
Ibu kota provinsi Ratanakiri ini pada awalnya jarang dikunjungi turis. Pelan-pelan tapi pasti, semakin hari semakin banyak para petualangan dan tipe outdoorsy sedang memakai sepatu bot berjalan dan menuju ke sudut terpencil negara ini, di mana kera dan ular-ular yang menyelinap di antara kanopi hutan.

Kota itu sendiri mungkin merupakan kota yang berdebu dan sibuk, tapi ada banyak penyelenggara tur di sana yang bisa menyediakan perjalanan ke Danau Vulkanik Yeak Yui yang indah, katarak kolosal Cha Ong, atau perkebunan karet yang mengelilingi provinsi ini.

9. Kampot

Kampot mungkin tampak menggoda, karena memiliki view dan tempat bersantai seperti di pantai, tapi kota sungai di perairan delta Praek Tuek Chhu ini menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda dari pada pasir, laut dan matahari.

Mulailah dengan perjalanan ke pekebunan lada yang menyelimuti dataran tinggi setempat . Lada bukan hanya sebagai penggerak ekonomi utama di Kampot, tapi juga bertanggung jawab atas kemajuan kota ini.

Kota ini juga merupakan rumah bagi serangkaian desa nelayan yang bersahaja, dimana anda bisa menikamti kentang goreng seafood disiram cabai yang menggoda. Dan kemudian ada susunan bangunan kolonial yang runtuh di tengahnya, dan juga terdapat lokomotif tua di stasiun kereta api Kampot.

10. Mondulkiri

mondulkiri
Disini anda bisa melihat Gajah-gajah yang bebas berkeliaran di sawah-sawah dan padang rumput yang luas, terdapat pula kerbau dan rumah-rumah panjang kayu, Disini anda juga akan disguhkan bukit-bukit hijau yang dipenuhi rimbunya pepohonan, yang juga bukit ini berbatasan dengan negara vietnam.

Tempat ini jauh dari tanah yang terbakar matahari dan iklim tropis yang beruap yang mendominasi seluruh wilayah negara ini, dan perlahan menjadi terkenal karena proyek konservasi gajah.

Pertemuan budaya dengan suku Bunong yang bersahaja juga memungkinkan, dan ekowisata semacam itu sekarang menjadi pendorong utama di sini.

11. Battambang

Battambang
Patung bertingkat Battambang mungkin merupakan sesuatu yang tidak biasa di sirkuit backpacking di sekitar Kamboja.

Mengapa? Nah, tidak banyak yang bisa dilihat di kota itu sendiri, dan kuil-kuil disini tidak sebesar kuil-kuil di Siem Reap.

Untuk para backpaker, ada beberapa hotel besar yang bisa dipilih, yang semuanya bersembunyi di antara kuil Budha dan Pasar Sentral di kota ini.

Sekitar Battambang , Anda bisa menemukan Wat Baydamram yang dipenuhi dengan kelelawar buah dan Wat Samraong Knong yang menakutkan, yang dulunya digunakan sebagai penjara Khmer Merah!

12. Kep

Kep
Di Kep anda akan melihat resort-resort para pejabat Kamboja di awal abad ke-20. Yap, puluhan tahun perang dan kehancuran Khmer Merah membawa dampak pada retret tepi pantai negara tersebut, dan hari ini sisa-sisa zaman kegelapan itu masih dapat dilihat dalam bentuk vila-vila yang hancur dan hotel-hotel yang terbakar di sepanjang pantai.

Namun, saat ini anda bisa menikmati hamparan pasir kuning yang indah di sepanjang Semenanjung Kep. yang kembali hidup dengan dibangunya beberapa restoran dan bar seafood. Jangan lupa mencicipi kepiting Kep yang terkenal dan menjadi salah satu makanan pokok Kamboja yang paling legendaris!

13. Koh Thonsay

Koh Thonsy adalah salah satu permata di Provinsi Kep, yang terletak persis di perairan Teluk Thailand dan berada di bagian pantai selatan negara ini.

Fringed dengan pasir kuning lembut dan deretan pohon kelapa yang bergoyang lembut, ada banyak keindahan tropis yang Anda harapkan dari pulau tropis ini.

Koh Thonsay juga merupakan tempat yang cocok bagi anda yang membutuhkan ketenangan dan hargan penginapan disini juga murah! Hal terbaik yang harus dilakukan adalah berjalan dan menyusuri jalur pantai dan menikmati indahnya sunset di pulau ini

Cepat atau lambat Anda akan menemukan teluk terpencil dari perairan pantai yang berkilauan, benar-benar tempat yang pas untuk melihat perahu nelayan yang kadang-kadang terombang-ambing.

14. Koh Kong

koh kong
Bebatuan yang kasar yang tergerus air laut di pantai Koh Kong menandai titik di mana hutan purba dari hutan hujan Pegunungan Cardamom yang memanjang hingga ke Samudera Hindia.Tempat ini belum tersentuh dengan fasilitas modern, dan cocok bagi anda yang suka berpetualang.

Sekilas kasino dan panti pijat kuno masih bertahan disini. Krong sendiri juga merupakan sebuah kota yang digunakan untuk penyelundupan ilegal di perbatasan Thailand, namun daya tarik sebenarnya disini adalah air terjun hutan liar, dan tentu saja pantai pasir Pulau Koh Krong yang masih alami dan menawan.

15. Pailin

pailin
Pailin dapat ditemukan jauh di Pegunungan Cardamom di Kamboja bagian barat. Dikelilingi oleh perbukitan semak hijau dan didominasi oleh tanaman dengan daun bergerigi dari bukit-bukit tinggi di cakrawala. Kota ini dikenal juga sebagai pusat pertambangan permata utama negara ini. Akibatnya, tempat ini adalah titik konflik selama tahun-tahun Khmer Merah, dan mungkin anda bisa mengungkap sejarah gelap ada di sini.



Hari ini tempat itu sangat mudah diakses. anda bisa pergi ke taman Margasatwa Roneam Daun Sam Wildlife yang liar, dan menikmati serangkaian pagoda dan air terjun yang indah dapat anda jelajahi juga.

Post a Comment

Previous Post Next Post