Wisata Pantai Sadranan, Tempat Snorkeling Terbaik di Yogyakarta


Pantai Sadranan - Pantai Selatan di Jawa sangat populer dengan pemandangan yang menakjubkan dan ombak besarnya dari Samudera Hindia; Gelombang tersebut yang membuat pantai-pantai di selatan cukup berbahaya untuk berenang. Meski begitu, ada beberapa tempat di pantai selatan Jawa yang menawarkan snorkeling yang indah. Salah satunya adalah Pantai Sadranan di Desa Pulegundes, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kawasan Gunung Kidul sebelumnya dikenal sebagai daerah yang kekeringan dan kekurangan air. Namun akhir-akhir ini gunung kidul menjadi primadona yang dicari banyak orang. Karena gunung kidul memiliki pesona pantai berpasir putih yang tak kalah bersaing dengan Pulau Bali. Kondisi pantai yang belum terjamah membuat wisatawan menyukai pantai berpasir putih di gunungkidul. Banyak pantai di Gunungkidul yang sudah dikelola pemerintahan secara serius. 

Terletak sekitar 60 kilometer dari Kota Yogyakarta, Pantai Sadranan merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang indah di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki airn yang jernih, pasir putih dan perbukitan hijau di sekitarnya. Pantai Sadranan memiliki Gelombang yang lebih kecil dibandingkan dengan pantai-pantai lain di dekatnya. Arus laut di sini bergerak dari barat ke timur, dan tidak ada arus balik ke selatan untuk menarik perenang menuju palung laut, menjadikan Sadranan tempat yang ideal untuk menikmati keindahan bawah laut Gunung Kidul. 

Sejarah Nama Sadranan


Pantai Sadranan adalah salah satu tempat wisata alam yang sering dikunjungi oleh mereka yang ingin menghabiskan waktu senggang dan menyingkirkan rutinitasnya. Bukan hanya sebagai tempat untuk liburan. Bagi masyarakat setempat, pantai ini digunakan sebagai tempat mencari nafkah; dan juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan keagamaan. Awalnya, nama Sadranan berasal dari bahasa Jawa "nyadran" yang berarti kegiatan ritual persembahan kepada Tuhan atau ucapan syukur yang dilakukan oleh nelayan. Kegiatan ini diadakan untuk menunjukkan rasa syukur mereka kepada Tuhan, sang pencipta laut, atas kemakmuran dan tangkapan ikan yang melimpah. Nyadran adalah salah satu cara untuk mengingatkan orang akan kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya; laut, gunung, langit dan apapun yang bisa kita lihat dan sentuh. Untuk alasan ini.

Snorkeling di Pantai Sadranan

Pantai selalu ramai di akhir pekan. Banyak anak muda berkemah dan bermalam di pantai ini. Saat pagi hari tiba, orang-orang muda ini biasanya memiliki berbagai aktivitas di pantai. Mereka bermain dengan air laut dan menikmati percikan ombak di kaki dan tubuh mereka. Beberapa orang hanya duduk di pinggir pantai sambil menikmati keindahan pantai, sementara beberapa lainnya melakukan snorkeling dan menjelajahi kehidupan bawah laut pantai sadranan.

Di pantai ini ada tempat persewaan yang menyediakan layanan snorkel yang diberi nama "Sadranan Snorkeling". Pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang belum terjamah dan sangat cocok bagi wisatawan yang tertarik untuk mengenal dunia bawah laut lebih baik, dan ingin berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut. Selain menyediakan peralatan snorkel, Anda juga bisa menyewa pemandu untuk mengajari anda bagaimana teknik snorkeling. Ada beberapa lokasi snorkeling yang menjadi tempat favorit untuk menikmati keindahan laut Pantai ini. Spot tersebut adalah spot "Watu pecah" dan "Kali Senggoro". Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling adalah ketika air laut sedang surut di pagi atau sore hari. 


Ada gubuk kecil di pantai yang menawarkan rental snorkel-gear seperti kacamata, jaket pelampung dan sepatu karet untuk menghindari cedera dari batu tajam dan sengatan binatang karang. Pengunjung bisa menyewa peralatan dengan biaya Rp 50.000 dan mendapatkan bonus training dan pendampingan secara gratis.

Pemula snorkeling di laut harus selalu didampingi pemandu lokal dan Anda disarankan untuk berenang berkelompok. Tempat teraman untuk pemula snorkel ada di sisi barat pantai dimana airnya memiliki kedalaman sekitar 1-2 meter. Yang lebih berpengalaman bisa menjelajahi sisi timur Sadranan, di sekitar pulau karang, yang memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter; Spot ini merupakan spot terbaik di Sadranan.

Ada banyak flora dan dauna yang dapat Anda temukan di bawah laut di Pantai Sadranan: seperti udang, bintang laut, bulu babi dan ikan kecil warna-warni seperti Leptus dan Goby. Jika anda menyelam lebih dalam. Anda juga bisa bertemu dengan ikan berwarna-warni seperti surgeonfish, ikan kupu-kupu dan ikan kalajengking.

Berbagai jenis karang hidup di bawah laut Sadranan juga, seperti karang berbentuk jari (digital arcopora), karang otak beralur (diploria labyrinthiformis) dan karang pelat (heliofungia sp.).

Tips & info



Kita mungkin berpikir apakah aman berenang atau bahkan snorkeling di Laut Selatan yang memiliki ombak yang besar. Selain itu, arusnya dianggap sangat berbahaya tidak hanya bagi perenang, tapi juga bagi mereka yang bermain dipinggir laut. Untuk alasan itu, sebelum snorkeling, kita perlu mengetahui momen yang tepat untuk melakukan aktivitas ini. Kita bisa melakukannya saat air surut, yaitu di pagi atau sore hari. 
  • Waktu terbaik untuk snorkeling ada di pagi atau sore hari saat air surut
  • Pikirkan keselamatan Anda sendiri untuk menghindari luka karena karang saat snorkeling
  • Yang paling penting adalah menjaga kebersihan tempat ini dan jangan mengambil karang dan bahkanmenginjaknya
Rute ke pantai sadranan
  • Melalui Sukoharjo: Solo - Sukoharjo - Tawangsari - Semin - Watukelir - Karangmojo - Tanjungsari - Krakal - Pantai Sadranan.
  • Melalui Jogja: Solo - Klaten (Jln. Solo-Yogyakarta) - Piyungan - Patuk - Pangkalan Udara Militer Sambipitu - Gading - Tugu Siyono - Bundaran BPD lurus ke timur - Wonosari - Baron - Tanjungsari - Pos Levy Daerah pantai Gunungkidul - Pantai Krakal - Pantai Sadranan.
  • Melalui Klaten: Melalui Cawas - Semin - Watukelir - Karangmojo - Tanjungsari - Krakal - Pantai Sadranan.
Tiket Masuk
  • Retribusi Masuk Kawasan Pantai : Rp 10.000 
  • Biaya parkir Rp 2.000 (sepeda motor)
  • Biaya parkir Rp 5.000 (Mobil)
  • Menyewa peralatan snorkeling Rp 50.000
Bagi anda yang ingin berwisata ke Yogyakarta, tidak akan lengkap jika anda tidak mengunjungi tempat wisata Gunungkidul yang lebih cantik dan atraktif. Beraneka ragam di alam Gunungkidul dan Anda harus berkunjung bersama keluarga dan kolega Anda. Dan juga kunjunig juga Wisata Yogyakarta terkenal hingga ke mancanegara

Dian Lukita Sari

Blog ini saya buat untuk sekedar informasi pada teman2 yang butuh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai kesmas dan artikel terkait yang ada di dalam blok saya ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post