42 Tempat Wisata Gratis di Bali Terbaik dan Kekinian


Banyak orang ingin liburan ke Bali baik dengan teman ataupun bersama keluarga. Namun terkadang budget liburan menjadi hambatan! Banyak wisatawan yang berpikir liburan ke Bali lumayan mahal! Ini ada benarnya, jika memilih waktu liburan saat musim ramai di Bali, memilih tempat wisata dengan harga tiket masuk mahal dan memilih tempat makan mewah di Bali.

Lalu apakah liburan di Bali selalu mahal? Jawabannya tentu tidak, jika pembaca tahu cara hemat liburan di Bali. Ada banyak cara menghemat budget liburan di pulau Bali. Salah satu cara terbaik menghemat budget liburan di Bali adalah dengan mencari aktivitas wisata gratis di Bali!

Hari gini ada yang gratis!!! Yang saya maksud gratis, adalah tidak membayar tiket masuk tempat wisata, namun untuk parkir mobil atau motor tetap akan dikenakan biaya.

1. Air terjun Aling – Aling

Wisata Gratis di Bali
Lokasi objek wisata air terjun Aling – Aling berada di desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Untuk sekedar informasi buat pembaca, Kabupaten Buleleng memiliki banyak tempat wisata air terjun, seperti objek wisata air terjun Gitgit. Hanya halaman ini tentang, aktivitas wisata gratis di Bali dan hanya tempat wisata air terjun Aling – Aling yang masih gratis untuk tiket masuk. Selain Air terjun Aling-aling, masih banyak tempat wisata Air terjun di Bali yang bisa dikunjungi, namun kebanyakan harus membayar.

Air terjun Aling – Aling sangat tinggi, kira-kira 35 meter. Keunikan dari air terjun Aling-Aling, terletak pada 2 sumber air terjun yang saling berdampingan. Kualitas air sangat jernih dan sejuk, jadi pembaca dapat berendam di sekitar areal air terjun Aling-Aling. Namun harus berhati-hati, karena arus air lumayan kuat.

2. Air Terjun Jembong

Air terjun ini lokasinya agak masuk di pedalaman. Harus tanya ke warga sekitar kalau mau ke situ tanpa nyasar. Tapi, begitu sampai, pasti terbayar rasa penasaran akan indahnya air terjun ini. Wisata gratis, pemandangan cantik, siapa yang gak mau?

Alamat:
Ambengan, Sukasada, Buleleng

3. Anad Ashram Ubud

Wisata Gratis di Bali
Ingin bermeditasi di tengah alam terbuka dengan pemandangan yang luar biasa, Anda bisa langsung merapat ke Anad Ashram Ubud. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa digambarkan dengan mudah.

Anda akan merasakan ketenangan batin, mendengarkan kicauan burung, bunyi serangga, aliran air dan segala hal yang menenangkan, serta panorama alam yang istimewa. Para pendamba ketenangan pasti akan betah di sini.

Lokasi: Jl. Sri Wedari Km No.3, Ubud, Gianyar, Bali

4. Angel’s Billabong, Nusa Penida

Wisata Gratis di Bali
Para bidadari pasti akan memilih spot yang bagus untuk memanjakan diri, dan kalau manusia menemukannya, tidak ada salahnya juga ‘numpang’ bersenang-senang, bukan begitu? Kalau memang demikian, silahkan menikmati keseruan berendam di Angel’s Billabong, Nusa Penida.

Tempat wisata di Bali menarik ini merupakan muara sungai dengan air yang jernih dan tenang. Backgroundnya adalah lorong karang dan laut lepas. Eksotik sekali, kan? Bayangkan berfoto di sini dan mengunggahnya di akun Instagram Anda, dijamin bakal banyak yang nge-like dan iri.

Lokasi: Kabupaten Klungkung, Nusa Penida, Provinsi Bali

5. Banyan Tree

Bukan, kita bukan lagi ngomongin nama hotel. Ini pohon beneran, Banyan Tree yang ada di Desa Gesing, area Utara Bali.

Dipercaya sudah ada sejak 700 tahun lalu, akar dari pohon bertinggi 85 meter ini bahkan sudah menjadi labirin yang bisa kamu eksplor dan lalui.Ingin petualangan yang lebih seru? Cobalah mendaki mendekati puncak pohon ini.

Orang Bali percaya bahwa ada kekuatan spiritual di dalam pohon ini. Menurut legenda, pohon ini dulu digunakan penduduk lokal untuk bersembunyi dari serdadu Belanda.

Oya, jangan lupa juga mengucapkan keinginan karena katanya keinginan yang diucapkan di depan pohon ini bisa jadi kenyataan!


6. Broken Beach

Wisata Gratis di Bali
Kerusakan pada alam terkadang menghasilkan sesuatu yang indah, dan itulah yang terlihat di tempat wisata di Bali, Pantai Pasih Uug, Nusa Penida. Sebuah tebing yang tinggi berlubang pada bagian tengah karena fenomena alam, yang pada akhirnya membentuk sebuah terowongan raksasa.

Yang menjadikannya spesial adalah hasil dari kerusakan alam itu, yang mengubah lingkungan sekiar begitu eksotis. Apalagi bila Anda menikmatinya ketika matahari menjelang turun ke peraduan, syahdu banget!

Lokasi: Sakti, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali

7. Bukit Asah Sengkidu

Bagi kamu penikmat alam bebas, dan senang dengan pemandangan laut yang jauh tepat di depan mata maka bukit ini wajib masuk ke dalam list liburan kamu. Suasananya masih sepi karena belum diketahui oleh banyak khalayak ramai. Kesempatan terbaik kamu untuk menyepi dari hingar bingar perkotaan.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 2.000, harga yang terbilang murah dengan pemandangan seperti itu.

Alamat: Bukit Asah Sengkidu, Maggis, Kab Karangasem 80811, Indonesia

Cara menuju kesana: Total waktu tempuh dari kota Denpasar 2 jam. Setelah tiba di desa Bugbug, jalan menuruni bukit dari Pura Tegal Wangi.

8.Bukit Campuhan Ubud

Wisata Gratis di Bali
Tempat wisata Ubud sangat terkenal sampai ke mancanegara dan pusat dari pariwisata seni dan budaya Bali. Saking terkenalnya Ubud, resort mewah dan hotel murah sangat mudah dicari di objek wisata di Ubud. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kawasan Ubud adalah objek wisata monkey forest Ubud. Hanya saja, jika pembaca ingin masuk ke kawasan wisata Monkey Forest Ubud, akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 40.000 / orang.

Karena halaman ini tentang aktivitas wisata gratis di Bali, yang menjadi pertanyaan! Apakah ada aktivitas liburan gratis di Ubud Bali? Jawabannya ada!

Nama kawasan wisata untuk liburan gratis di Ubud Bali adalah bukit Campuhan Ubud. Aktivitas menarik untuk liburan yang dapat pembaca lakukan di bukit Campuhan Ubud seperti jalan-jalan ataupun bersepeda. Di bukit Campuhan Ubud disediakan sarana penyewaan sepeda, harga sewa sepeda di bukit Campuhan Ubud sekitar Rp 15.000 / 1 sepeda.

9. Crystal Bay 

Crystal Bay di Nusa Penida terkenal akan pantai berpasir putih dan air jernih yang memungkinkan kita melihat bawah laut dengan jelas. Tempat ini cocok untuk mereka yang ingin bermalas-malasan di pantai.Crystal Bay juga adalah tempat diving yang terkenal dengan Mola Mola. Banyak penyelam datang hanya untuk menyaksikan ikan spektakuler ini terutama antara bulan Juni dan Oktober.

Kalau kamu tidak datang untuk menyelam, kamu mungkin ingin mencoba snorkeling disana. Seorang pengunjung pernah berkata “Crystal Bay adalah spot terbaik untuk snorkeling, bersantai dan menikmati sinar matahari”


10. Classic Vehicle

Selain bangkai pesawat yang terbengkalai, di Kuta juga ada alat transportasi lain yang juga memberikan suasana nostalgia yaitu skuter dan mobil kuno. Katakanlah Plymouth Deluxe 1951, Australian 1961 Ek Holden, Classic VW Combi Vans, vespa kuno dan lain lain.

Meurut David dari Balithcreativesojourn, “selain Vespa dan skuter Italia kuno, ada juga klub-klub eksklusif yang bekerja sama dengan VW Combi Vans dan Holden buatan Australia. Tak dapat diduga apa yang akan kamu temukan di Bali”.

11. Danau Tamblingan

Wisata Gratis di Bali
Salah satu daya tarik pariwisata di Bali adalah pemandangan danau. Objek wisata danau di Bali yang paling terkenal di kalangan wisatawan adalah objek wisata danau Beratan Bedugul. Jika pembaca liburan ke tempat wisata danau Beratan Bedugul, maka akan di kenakan biaya tiket masuk. Yang menjadi pertanyaan, apakah ada tempat wisata danau di Bali yang tidak dikenakan biaya tiket masuk? Jawabannya ada, namanya adalah objek wisata danau Tamblingan.

Objek wisata danau Tamblingan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Karena wilayah danau Tamblingan memang tidak dikembangkan sebagai areal pariwisata. Dengan tujuan pelestarian alam aslinya. Oleh sebab itu di danau Tamblingan, pembaca tidak akan menemukan perahu yang menggunakan mesin. Yang ada hanya perahu traditional yang digerakkan dengan dayung.

Keindahan alami pemandangan danau Tamblingan, udara sejuk pegunungan, serta tidak adanya biaya tiket masuk. Membuat objek wisata danau Tamblingan, salah satu tempat untuk aktivitas menikmati pemandangan danau yang wajib dikunjungi untuk liburan murah di Bali.

Waktu terbaik berkunjung untuk dapat melihat keindahan pemandangan danau Tamblingan adalah di pagi hari sebelum matahari terbit.

12. Desa Musi

Lokasi desa ini sangat asri, belum tersentuh banyak pelancong. Gak ada tiket masuknya pula. Bisa bermain air sepuasnya di sungai bertebing di sini, panoramanya pun Instagram-able.

Alamat:
Desa Musi, Gerokgak, Buleleng

13. Desa Tohpati

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak tentang rumitnya hasil karya seni khas Bali, kamu harus melihatnya sendiri secara langsung.

Berkelilinglah sekitar desa Tohpati dan kamu akan menemukan beberapa pabrik batik besar dimana kamu bisa melihat sendiri para seniman bekerja disana.

Saksikan proses dari awal pembuatan batik dari mulai digambar dengan pinsil kemudian di lilin, lalu diwarna sebelum kain-kain ini digodok dan dikeringkan untuk menghasilkan batik yang sempurna.Dan saat mereka sudah selesai, belilah batik ini untuk dibawa ke rumah.

Kunjungi Batik Popiler II, salah satu toko yang direkomendasikan di Desa Tohpati.

14. Istana Hantu Bedugul

Ingin mengalami hal-hal berbau supranatural? Hotel Taman Rekreasi Bedugul.Pergilah ke Istana Hantu Hotel (julukan yang sangat tepat untuknya) untuk merasakan suasana ngerinya (kalau kamu berani ya!)Dan kalau kamu ingin menjelajahi tempat ngeri lainnya di Bali, silakan kunjungi artikel kami tentang tempat-tempat yang terbengkalai di Bali (artikel dalam Bahasa Inggris).

15. Lotus Lagoon, Candidasa

Wisata Gratis di Bali
Bisa membayangkan seperti apa kolam dengan ribuan bunga teratai berwarna merah muda dan fuchsia, dengan beragam patung mengelilingi bagian tengahnya? Well, silahkan rasakan sendiri sensasinya di Lotus Lagoon, Candidasa.

Tempat ini menjadi salah satu landmark terkenal Candidasa. Bukan tanpa alasan karena keindahan yang ditawarkan memang istimewa. Dengan pura berada di sisi kolam, tempat ini begitu Instagenic dalam tangkapan kamera Anda.

Lokasi: Candidasa, Karangasem, Bali


16. Mas Carving Centre

Hal lain yang juga menarik untuk dilihat dari Desa Batuan adalah banyaknya workshop pahatan batu. Kalau kamu lebih suka pahatan kayu atau pembuatan topeng, maka Mas adalah tempat yang tepat untukmu.Berlokasi di jalan utama dari Denpasar ke Ubud, Desa Mas terkenal dengan gaya pahatan kayunya yang lain dari yang lain, yang harus kamu kunjungi adalah Mas Carving Centre.Amatilah para seniman menghasilkan keajaiban dengan kayu, topeng, dan seperti biasa, belilah satu karya mereka untuk dibawa pulang!

17. Pantai Amed

Pantai Amed terletak di Kabupaten Karangasem, tepatnya di desa Tulamben, Kecamatan Kubu. Mengunjungi pantai ini, kamu perlu menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Denpasar dan hanya perlu berkendara selama 30 menit saja dari Kota Amlapura.

Pantai dengan pasir hitam eksotis ini memiliki kekayaan bawah laut menawan yang tidak bisa kamu jumpai di pantai-pantai lain di Bali. Tapi ada aktivitas lain di pantai ini yang tidak kalah mengesankan, yaitu menikmati indahnya matahari terbenam dari atas bukit Amed. Sembari menunggu tenggelamnya matahari, kamu bisa canoeing, melihat aktivitas petani garam, ataupun sekedar berjalan-jalan disepanjang garis pantai.

18. Pantai Batu Belig

Pantai Batu Belig merupakan salah satu pantai yang terletak di daerah Kerobokan. Belum banyak orang yang mengetahui letak pantai ini dan tidak banyak orang yang mendatangi pantai ini. Meskipun berdekatan dengan Pantai Petitenget, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok bagi kamu yang hanya ingin bersantai ataupun berenang.

Selain bisa dengan tenang menikmati pemandangan matahari yang perlahan terbenam, kamu juga bisa melihat beberapa wisatawan yang tengah belajar menunggang kuda di pantai ini loh!

Di sebelah kanan pantai Batu Belig terdapat sebuah jembatan tradisional dari bambu yang di bangun untuk menyebrangi sungai kecil. Banyak orang mengunakan jembatan ini sebagai latar belakang foto mereka untuk di unggah ke Instagram.

19. Pantai Kayu Putih Canggu

Wisata Gratis di Bali
Bagi yang doyan foto selfie dan upload foto di Istagram, pantai Kayu Putih Canggu wajib dikunjungi saat liburan di Bali. Di pantai Kayu Putih Canggu terdapat sebuah jembatan kayu untuk akses penyeberangan dari restoran La Laguna Canggu ke pantai Kayu Putih.

Jembatan kayu inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan berkunjung ke pantai Kayu Putih Canggu, karena terlihat sangat indah jika anda pandai mengambil foto.

20. Pantai Kelan Tuban 

Wisata Gratis di Bali
Masih dikawasan tempat wisata Bali selatan, di sebelah utara pantai Kedongan dan garis pantai masih sejajar dengan pantai Jimbaran, terdapat sebuah pantai pasir putih dan salah satu spot terbaik melihat sunset, karena letak pantai menghadap ke arah barat.

Ingin melihat pesawat terbang landing dengan background sunset, pantai Kelan Tuban tempatnya, karena lokasi pantai Kelan berada besebelahan dengan bandara Ngurah Rai.

21. Pantai Matahari Terbit Sanur

Wisata Gratis di Bali
Tempat terbaik di Bali selatan untuk melihat pemandangan matahari terbit adalah pantai matahari terbit Sanur. Jika pembaca terbiasa bangun pagi dan suka jogging di areal pantai, sempatkanlah untuk jalan-jalan pagi di pantai matahari terbit Sanur. Selain aktivitas jalan-jalan, aktivitas menaiki sepeda juga sangat disukai pengunjung pantai Sanur.


22. Pantai Mesari 

Pantai Mesari atau yang lebih di kenal sebagai Pantai Double Six terletak di daerah Seminyak dan telah menjadi tujuan utama para wisatawan yang tinggal di daerah tersebut.

Selain dengan keindahan pasir putihnya, Pantai Mesari juga memiliki bibir pantai yang cukup lebar sehingga memungkinkan bagi para pengunjung ramai untuk menikmati berbagai macam aktifitas seperti jogging, bermain sepak bola, jalan santai sampai dengan bermalas-malasan sambil berjemur.

Pemandangan matahari senja di sini adalah salah satu yang terbaik yang bisa kamu nikmati di Bali. Jika kamu memiliki kocek lebih, kamu juga bisa bersantai di salah satu dari sederetan cafe maupun restoran yang di bangun di pinggir pantai Mesari.

23. Pantai Suluban

Wisata Gratis di Bali
Lokasi pantai Suluban berada di sebelah barat daya ujung pulau Bali dan berdekatan dengan objek wisata pura Uluwatu. Pantai Suluban lebih terkenal dengan sebutan pantai Blue Point, karena letak pantai berada di dekat Blue Point resort.

Karakter pantai Suluban Uluwatu memiliki ombak besar dan banyak terbing terjal menjulang tinggi. Pantai Suluban Uluwatu sangat cocok untuk pembaca yang suka aktivitas olahraga surfing. Jika pembaca belum bisa surfing, menonton aktivitas surfing juga sangat mengasikkan.

25. Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Wisata Gratis di Bali
Pantai Tegal Wangi Jimbaran Bali lebih terkenal sebagai lokasi foto pre wedding di Bali, karena memiliki pemandangan laut lepas pantai selatan yang dapat dilihat dari atas tebing, memiliki pasir putih bersih dan pemandangan indah matahari terbenam.

Sebagian besar pengunjung pantai Tegal Wangi Jimbaran lebih banyak anak muda yang sekedar nongkrong diatas tebing, sambil melihat pemandangan matahari terbenam.

26. Pantai Tulamben

Wisata Gratis di Bali
Menikmati keindahan alam bawah air tanpa merogoh kocek dalam-dalam? Bisa. Dengan membawa peralatanan snorkel pribadi Anda, Anda bisa snorkeling di Tulamben, Karangasem dan nikmati keindahannya tanpa harus berenang jauh dari pantai.

Pantai Tulamben memiliki biota laut yang indah dengan terumbu karang yang memesona. Anda juga bisa melihat bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada 1963. Anda tidak akan menyesal snorkeling di sini!

Lokasi: Tulamben, Kubu, Tulamben, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

27. Pantai Yeh Leh

Wisata Gratis di Bali
Sudah biasa mendatangi pantai berpasir putih di Bali? Well, luaskan pandangan Anda karena ada pantai berbatu yang layak untuk didatangi kala ke Pulau Dewata.

Berada di perbatasan antara Tabanan dan Jembrana, Anda akan mendapati pantai berbatu bulat dengan ombak khas perairan Bali. Karena tempat wisata di Bali ini tidak sepopuler Kuta, Sanur dan lainnya, Yeh Leh tidak banyak didatangi oleh wisatawan. Situasi ini menjadi hal yang bagus bagi Instagrammer untuk menambah koleksinya, terutama kala sunset datang.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Pengeragoan, Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

28. Pemandian Air Panas Banjar

Nampaknya, pemandian air panas di Banjar dikenal dengan air yang bermukjizat menyembuhkan. Dikelilingi dengan pohon-pohon hijau, pemandian air panas ini berisi air yang mengalir dari batu berbentuk naga mistis, hamper mirip dengan sebuah adegan di Game of Thrones. (Khaleesi, air mandimu sudah siap). Kamu bisa bersenda gurau dan berendam di antara 3 kolam yang tersedia, dimana masing-masing kolam mengandung air bersulfur dengan panas 37 derajat celcius. Air di kolam ini juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.Baik kamu percaya atau tidak akan khasiat magis dari pemandian air panas Banjar, rendaman sejenak di kolam ini akan membuat tubuhmu rileks dan ringan.

29. Pura Alas Jagasari

Ingin menikmati tour yang berbau historis? Kalau begitu kamu perlu mengunjungi salah satu pura di Bali yang penting dan kuno, Pura Alas Jagasari.

Terdiri dari tiga kuil yang terbuat dari batu bata, masing-masing mewakili kepala, tubuh, dan kaki. Pura Jagasari adalah pura Hindu pertama di Bali yang dibangun mulai dari abad ke delapan.Perlu juga dicatat sejarah bahwa gerbang di Jagasari dibentuk sesuai dengan kerajaan di Kediri, Jawa Timur abad 10-11.

Menariknya, diantara kuil-kuil disana terdapat patung-patung dari abad ke-11, juga dipercaya menyerupai Raja Wharmadewa dan Permasuri Mahendradatta.

30. Pura Lempuyang 

Wisata Gratis di Bali
Selain Pura Agung Besakih, Ulundatu Bratan dan Taman Ayun, terdapat Pura Lempuyang yang tidak kalah ikonik. Bahkan alam dan panoramanya sangat luar biasa untuk dinikmati.

Seperti halnya berkunjung tempat ibadah umat Hindu di Bali, Anda diminta untuk menunjukkan rasa hormat dan menghargai. Dengan menjunjung sikap tenggang rasa yang tinggi, dijamin Anda bisa menikmati keindahan alam dari Pura Lempuyang dan meninggalkan tempat ini dengan kepuasan tersendiri.

Lokasi: Bunutan, Abang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

31. Pura Uluwatu 

Selain menikmati kentalnya suasana Pulau Bali di Pura Tanah Lot, kamu juga bisa mengunjungi Pura Uluwatu yang terletak di Pecatu untuk menikmati kecantikan sunset yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karena ini area pura, jadi pengunjung diwajibkan untuk menggunakan kain serta selendang sebagai bentuk rasa hormat. Dari pintu masuk, kamu harus berjalan kaki menuju areal pura yang merupakan salah satu spot untuk menikmati sunset. Sepanjang perjalanan, kamu sebaiknya menyimpan semua barang-barang di dalam tas dan tidak membawa makanan karena banyak sekali monyet monyet liar di sini.

Menikmati tenggelamnya matahari di tempat ini sangatlah menarik karena kamu akan ditemani oleh Tari Kecak, tarian khas Bali. Kamu bisa menikmati mewahnya sunset di tempat ini sambil menyaksikan betapa megahnya budaya Bali.

Objek yang satu ini tidak murni gratis untuk di nikmati, kamu perlu merogoh kocek Rp. 100 ribu per orang untuk bisa menikmati tarian kecak. Namun jika kamu hanya ingin melihat sunset di pura Uluwatu dari kejauhan, ada beberapa spot yang bisa kamu gunakan secara gratis.


33. Prapen 

Prapen adalah workshop dan showroom perhiasan yang terkenal. Dimiliki oleh keluarga asli Bali yang memang bergerak di bidang perhiasan perak, dan bahkan para pendahulunya adalah pembuat barang-barang untuk upacara adat.

Berlokasi di desa pandai besi tradisional, Celuk, Prapen menghasilkan perhiasan perak menggunakan tehnik rahasia yang sudah dilakukan oleh beberapa generasi dalam keluarga mereka.Di workshop terbuka yang dipenuhi oleh para pengrajin, kamu dapat menyaksikan proses mereka menghasilkan pernak pernik khas Bali yang sangat cantik.

34. Rumah Bambu Pengalon

Wisata Gratis di Bali
Proyek mangkrak ternyata bisa menyuguhkan pemandangan yang istimewa, lho! Buktinya ada di Candidasa, kala Anda mengunjungi Rumah Bambu Pengalon.

Arsitektur yang unik, ditambah lanskap alam yang menarik, plus bambu sebagai bahan dasar pembuatan infrastruktur ini, menjadikan Rumah Bambu Pengalon, yang berada di dekat danau kecil nan biru, layak jadi jujukan utama kala bertandang ke Candidasa.

Lokasi: Br. Pengalon, Desa Antiga, Manggis, Karangasem, Bali

35. Rumah Mengambang di Danau Batur

Di Danau Batur kamu bisa melihat pemandangan indah dan berkesan romantis dari sebuah rumah terlantar yang setengah tenggelam di tengah-tengan danau.

Mungkin saja rumah ini terlantar setelah terkena banjir, yang jelas sekarang menjadi rumah baru untuk penduduk Danau Batur. Para fotografer menyukai pemandangan ini karena manghasilkan foto yang menarik.Dan apakah kamu tahu kalau Danau Batur adalah Danau berkawah yang berlokasi di Gunung Batur yang berapi? Dengan refleksi air yang bening,danau ini jelas adalah salah satu dari banyak tempat dimana kamu akan mendapatkan pemandangan terbaik di Bali.

36. Taman Bunga Gemitir Bali

Wisata Gratis di Bali
Taman budidaya bunga gemitir Bali berlokasi di Banjar Mayungan, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Lokasinya memang lumayan jauh dari tempat wisata Bali selatan, namun berdekatan dengan tempat wisata terkenal di Bali seperti objek wisata pura Ulun Danu Beratan dan objek wisata Kebun Raya Bedugul.

Taman Budidaya bunga gemitir di kelola oleh petani lokal dan pembaca di perbolehkan untuk mengambil foto dengan latar belakang taman bunga. Hanya jangan sampai menginjak-nginjak tanaman bunga.

37. Taman Bunga Marigold

Wisata Gratis di Bali
Kalau menuju Kintamani dari Bedugul, atau sebaliknya, Anda akan menemukan ladang bunga Calendula di sisi jalan. Warnanya yang kuning keemasan, juga ladang yang tersusun rapi dan pemandangan alam yang tidak kalah seru, seakan mengundang Anda untuk mampir dan berswafoto.

Namun, tidak setiap saat Anda bisa mengunjungi ladang bunga ini. Ada waktu tertentu ketika bunga Calendula, atau biasa disebut Marigold, mekar dan bersemi indah: saat memasuki musim panas, sekitar Juni hingga Agustus. Tempat wisata di Bali ini sangat instagrammable dan yang lebih penting lagi, gratis untuk di kunjungi.

Lokasi: Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

38. Tanah Lot

Siapa tidak kenal dengan Tanah Lot, tempat ini merupakan salah satu spot terbaik di Bali untuk menikmati sunset. Terletak di Kabupaten Tabanan, Tanah lot memberikan pengalaman menyaksikan sunset yang tak terlupakan.

Yang menambah uniknya sunset di tempat ini adalah sebuah pura yang di bangun di atas sebuah batu karang raksasa dan digunakan oleh umat Hindu di Bali untuk bersembahyang.

Pada perjalanan menuju ke Pura Tanah Lot, kamu juga akan banyak melewati petak petak sawah hijau yang membentang luas, sebuah pemandangan asli Bali yang sudah cukup langka dan harus tetap di budidayakan.

Untuk mendapatkan suasana indahnya matahari terbenam di Tanah Lot, kami menganjurkan kamu untuk datang lebih awal sebelum jam 18:30 WITA sehingga kamu tidak melewati sedetikpun sunset yang menawan.


39 . Tegall alang

Selagi di Bali, sangat menyenangkan kalau dapat menyaksikan indahnya hamparan sawah hijau. Kemegahan hamparan sawah terutama di tegallalang akan membuatmu terpesona dengan keindahannya.

Terletak di dataran tinggi, Tegallalang adalah salah satu dari tiga tanah berundak yang terkenal di Ubud.Tempat yang pas untuk pelukis, seniman, dan pecinta ala,. Kamu bahkan akan menemukan banyak gallery seni dan café di sekitarnya, kamu juga bisa membawa pulang aneka hasil seni khas Bali.

40. Turtle Centre di Pulau Serangan

Untuk outing bersama keluarga, Turtle Centre di Pulau Serangan akan membuat semua anggota keluarga senang, dari anak-anak sampai orang dewasa.

Pusat penangkaran kura-kura serta pusat pendidikan ini menawarkan banyak aktivitas yang menarik , dari mengamati bayi kura-kura menetas, memegang kura-kura usia tanggung, melihat kura-kura dalam berbagai ukuran dan lain-lain. Kunjungi link kami mengenai tempat yang harus dikunjungi di bali kalau kamu adalah pecinta hewan.aKalau kamu datang pada saat yang tepat dan beruntung, anak-anak akan dapat menyaksikan pemberian makan kura-kura yang tentu menarik untuk mereka.

Sebelum kamu pergi, jangan lupa mengisi buku tamu dan dapatkan souvenir menarik dari tempat ini.

41. Wisata Bangkai Pesawat

Apakah kamu pernah mendengar tentang bangkai pesawat yang terbengkalai di Kuta dan Pandawa? Kelihatannya, perjalanan menyusuri bangkai pesawat ini sudah menjadi hal populer di Bali.Dari Boeing 737 tua yang secara misterius terdampar di tengah perumahan di Kuta di tengah perumahan di Kuta, atau ada satu lagi di Kuta Selatan dekat Pantai Pandawa, bangkai-bangkai pesawat ini adalah objek menarik untuk difoto.Dan untuk kamu yang selalu ingin tau rasanya menyetuh sayap pesawat, atau bahkan jalan di atasnya, kamu dapat melakukannya di bangkai pesawat ini!

42. Waterblow Nusa Dua

Wisata Gratis di Bali
Saya yakin sebagian besar dari pembaca mengetahui tentang tempat wisata Nusa Dua Bali, terutama yang pernah mencoba aktivitas water sports Tanjung Benoa, karena lokasi dari Tanjung Benoa dan Nusa Dua bersebelahan satu sama lain.

Walaupun Nusa Dua salah satu kawasan resort mewah di Bali, ternyata masih ada tempat wisata yang tidak dikenakan biaya masuk di Nusa Dua. Nama objek wisatanya waterblow Nusa Dua.

Aktivitas liburan menarik yang dapat pembaca lakukan di waterblow Nusa Dua adalah melihat hempasan ombak laut selatan yang menghantam tebing karang. Sebagian besar aktivitas pengunjung yang liburan ke waterblow Nusa Dua, akan mengambil foto dengan latar belakang hempasan ombak air laut yang menjulang tinggi.


Credit:
https://www.water-sport-bali.com/aktivitas-wisata-gratis-di-bali/
https://www.tripzilla.id/tempat-wisata-di-bali-instgrammable-gratis/2061
https://thebalidestiny.com/aktifitas-liburan/33-tempat-wisata-murah-dan-gratis-di-bali-yang-kamu-gak-pernah-tahu/
https://www.moneysmart.id/12-tempat-wisata-gratis-buat-tahun-baru-bali-jakarta-surabaya/


Post a Comment

Previous Post Next Post