13 Tempat Wisata di Nabire Papua Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Hallo gusy apa kabar kalian hari ini kembali lagi bersama saya. Seperti biasa kali ini saya akan mengepost wisata keren di indonesia. Tetapi kali ini kita akan main-main di Nabire papua di nama ini adalah salah satu kabupaten di pulau terbesar di indonesia ini yaitu papua.

Nabire ini merupan salah satu kota yang mempunyai wisata yang keren-keren juga seperti  Pada postingan saya sebelumnya yaitu Taman Nasional Teluk Cendrawasih . Tetapi kali ini kita akan membahas lebih jauh lagi tentang berbagai macam jenis tempat wisata di nabire papua ini
oke guys nga usah banyak basabasih lagi yaa langsung saja...
silahkan baca dan lihat gambar diu bawah ini...

1. Pantai Monalisa

13 Tempat Wisata di Nabire Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Pantai indah yang menjadi tempat wisata menarik di Nabire selanjutnya yait Pantai Monalisa. Pantai ini terletak di Barotei Kampung Air, Mandidi Samabusa. Nama pantai ini diambil dari nama pemilik resort yang keberadaannya kini menarik perhatian masyarakat Nabire.

Keindahan yang disajikan dari Pantai ini terlihat dari berdirinya satu jembatan dimana setiap sisinya terdapat bilik peristirahatan. Disisi lain tampak air laut yang begitu biru dan tampak dangkal sehingga pengunjung dapat berenang dengan aman. Oh ya.. satu kegiatan yang menjadi favorit banyak wisatawan disini yaitu menikmati senja dan menyaksikan keindahan sunset dari bilik peristirahatan. Suasana romantis pun menyatu dengan keindahan alam yang mempesona.

2. Pantai Nabire

13 Tempat Wisata di Nabire Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Nabire berikutnya yaitu Pantai Nabire. Pantai ini terletak 400 meter dari kota Nabire. Nama MAF diambil dari Bandara MAF (Mission Aviation Fellowsip) karna letaknya sangat deat dengan Bandara Nabire.

Daya tarik dari pantai ini adalah lokasi yang terletak di pinggir jalan yang menghubungan pusat kota dan bandara. Sehingga pengunjung sangat senang mampir ke pantai ini. Pantai Nabire sering juga dijadikan lokasi piknik bagi wisata keluarga. Meskipun pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam, namun setiap harinya pantai Nabire selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

3. Wisata Bahari

Di kabupaten nabire memiliki potensi bahari yang sangat menawan dan tidak kalah dengan kepulauan di daerah raja ampat. Tepatnya di teluk cendrawasih bisa anda kunjungi sebagai salah satu alrefnatif wisata bahari yang sangat menakjubkan. Di dalamnya terdapat berbagai jenis karang, ikan, serta biota laut lainnya yang akan membuat anda terpukau. Di dalamnya juga terdapat gugusan pulau-pulau kecil berpasir putih seperti pulau moor, pulau mambor, pulau ahe, pulau babi, pulau hariti, pulau papaya, pulau nuburi, pulau nutaburi, pulau mangga, pulau umbur, pulau nuhmarau dan pulau anggarameos.

Teluk cendrawasih memiliki luas sekitar 1.453. 500 dan hampir 90% adalah perairan. Teluk ini juga merupakan tempat konservasi berbagai biota laut terbesar di Indonesia. setidaknya di teluk ini anda bisa melihat ratusan jenis molusca dan ratusan lagi jenis ikan yang sangat menawan dan mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya. bahkan jika anda beruntung, anda juga bisa ditemani oleh hiu, kura-kura serta lumba-lumba ketika anda berenang.

Teluk ini juga menjadi tempat penelitia untuk ikan hiu jenis whale yang sudah dilakukan sejak tahun 90-an kerja sama dari pemerintah setempat dan sebuah LSM dari luar negeri. Dengan mengunjungi wisata bahari di kabupaten nabire selain bisa menghilangkan penat juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran mengenai biota laut dimana juga bisa sekaligus memberikan pemahaman bahwa mereka ini perlu dilindungi keberadaannya dan tidak boleh dirusak sebagaimana yang banyak dilakukan pada saat ini di tempat lainnya.

4. Wisata Pantai Keren di Nabire

Belum banyak pantai yang dikelola oleh pihak pemerintah kabupaten nabire, padahal pantainya sangat indah. Namun ada beberapa pantai yang telah dikelola dengan baik dan bisa dijadikan tempat wisata dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda, diantaranya adalah:-

  • Pantai Gedo – Objek wisata pantai gedo bisa anda kunjungi sebagai tempat pelipur lelah dan tujuan untuk menenangkan pikiran. Pantai ini biasa dikunjungi oleh mereka yang ingin mengadakan acara di pantai supaya bisa bersatu dengan alam. Masih banyaknya pohon disekitar pantai akan membuat suasana menjadi semakin sahdu dan tidak akan terlupakan oleh anda yang datang ke sana.
  • Pantai Yamari – Pantai lainnya adalah pantai yamari, pantai ini terletak di komplek taman remaja gedo dan berjarak kurang lebih 5 km saja dari pusat kota nabire. Pantai yamari memiliki obak yang tidak terlalu besar serta memiliki pasir bewarna hitam dengan teksturnya yang sangat halus seperti tepung. Di pantai yamari banyak pohon yang tumbuh sehingga anda tidak perlu khawatir kepanasan. Di bawah pohon juga biasanya sudah terdapat bangku yang bisa anda jadikan sebagai tempat istirahat. Pengelolaan pantai ini memang belum maksimal, terkadang ada pengunjung yang harus membayar biaya masuk namun ada juga pengunjung yang tidak membayarnya. Meskipun namanya masih dalam komplek taman remaja namun yag datang ke pantai ini lebih banyak para keluarga yang ingin berpiknik ria menghabiskan liburan.
  • Pantai Burate – Jika anda sedang jalan-jalan di kabupaten nabire cobalah luangkan waktu untuk mengunjungi pantai burate. Pantai burate menyuguhkan banyak keindahan dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman bagi anda yang ingin berenang di pantai.
  • Pantai Nusi – Keindahan pantai lainnya yang dapat anda nikmati dari nabire papua adalah onatai nusi. Pantai ini sudah cukup baik dikelola oleh pemkab nabire. Pasir pantainya berwarna hitam namun demikian tidak mengurangi keindahan air laut yang masih jernih dan terjaga kebersihannya. Jika anda ingin melihat keindahan bawah laut juga bisa dilakukan dengan cara snorkeling. Arusnya yang tenang serta airnya yang jernih sangat cocok dijadikan tempat snorkeling dimana anda bisa melihat keindahan bawah laut seperti berbagai macam ikan dengan warna mencolok. Rumput laut dan terumbu karangnya yang masih asri. Di seberang pantai nusi ini terdapat pulau nusi yang sangat indah dan masih sepi, anda bisa mengunjunginya dengan menyewa kapal menuju pulau nusi. Jangan khawatir anda juga bisa menginap di sana karena sudah ada beberapa penginapan yang dibangun di pulau tersebut. Akses masuk pantai nusi sebesar 30.000 per orang dan harga ini akan sepadan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan.
  • Pantai MAF – Disebut dengan pantai MAF karena letaknya yang berdekatan dengan Bandar udara MAF (Mission Aviation Fellowship). Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam namun airnya tetap jernih dan bening. Pantai ini lumayan dekat dengan pusat kota dan dekat dengan bandara udara sehingga bagi anda yang dari luar nabire bisa dengan mudah mengunjungi pantai ini. masyarakat nabire sendiri menjadikan pantai ini sebagai temoat untuk berpikinik dan wisata keluarga. Pantai MAF ramai apabila pagi dan sore hari, arusnya yang tidak besar menjadikan pantai MAF aman bagi anda yang ingin berenang merasakan kesejukan air papua. Lokasi pantai MAF sendiri hanya berkisar 300 hingga 400 meter saja dari pusat kota nabire.
  • Pantai Irio – Pantai lain yang bisa anda kunjungi saat anda datang ke kabupaten nabire adalah pantai irio. Tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang telah dipaparkan sebelumnya namun pantai ini akan memberikan anda berbagai kesenangan dan ketenangan serta kenangan tersendiri untuk menghilangkan penat.

5. Wisata Alam Di Nabire

Di kabupaten nabire memiliki potensi wisata alam yang cukup indah dan patut untuk anda kunjungi. Di kabupaten nabire memiliki satu danau yang sangat terkenal yaitu danau mamae yang terletak di distrik teluk kimi nabire. Danau ini memiliki cerita sejarah yang bisa membuat anda tertarik dan keindahan alam yang masih alami dan asri. Selaiin danau, wisata alam lainnya di kabupaten nabire juga ada air terjun kura-kura yang sangat indah, kolam pemancingan ikan yang terletak di desa kalisemen wanggar dengan ikan khas papua. Anda juga bisa mengunjungi bendungan kalibumi yang terletak di daerah desa bumiayu wanggar serta anda juga bisa mendaki gunung karena di kabupaten nabire terdapat gugusan pegunungan yang indah bagi anda para pecinta alam.

6. Wisata Budaya

Budaya di kabupaten nabire papua masih sangat kental dengan budaya asli sehingga sangat menarik untuk dipelajari. Di kabupaten nabire juga beberapa waktu selalu mengadakan festival budaya yang sangat menarik serta menyuguhkan berbagai kesenian asli nabire seperti alat musik, lagu, makanan dan hasil budaya lainnya. jadi selain anda ikut senang karena bisa mengikuti even tersebut anda juga bisa sembari belajar mengeni kebudayaan di kabupaten nabire ini.

7. Kolam Renang

Jika anda ingin berenang di kabupaten nabire selain pantai, anda juga bisa memanfaatkan kolam renang yang terdapat di kompleks battalion 753 arvita nabire yang juga dibuka untuk umum. Kolam renang ini banyak dikunjungi oleh masyarakat nabire dan masyarakat sekitarnya.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di nabire papua yang bisa anda kunjungi jika anda berkesempatan mengunjungi kabupaten nabire. Saat ini papua sedang menggalakkan potensi wisata alamnya karena memang keindahan alam papua sudah tidak terbantahkan lagi. Di nabire juga sudah terdapat banyak penginapan yang bisa anda sewa ketika anda sudah sampai di sana. Untuk masalah transportasi anda bisa menyewa kendaraan mobil sebagai kendaraan yang akan anda gunakan saat mengelilingi indahnya kabupaten nabire.

Jangan lupa untuk menggunakan agen perjalanan yang terpercaya dan terbaik ya supaya perjalanan liburan anda semakin menyenangkan. Sekian artikel kali ini dan terima kasih sudah membacanya.

Oleh : Juan Matheus

Post a Comment

Previous Post Next Post