62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Bandung
Bandung yang juga dikenal sebagai Paris Van Java, merupakan sebuah kota yang dijadikan sebagai kiblat bagi dunia fashion Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan baju-baju murah namun elegan. Selain itu, Bandung juga memiliki bentang alam yang mengaggumkan. mulai dari pegunungan yang indah hingga beberapa bangunan-bangunan yang unik dan fotogenik. Jika anda ingin mengunjungi kota yang satu ini, adakalanya anda membaca artikel ini. Karena wisata di Bandung sangat lah banyak dan hampir semuanya memiliki obyek yang bagus. Namun berikut kami tampilkan beberapa tempat yang bisa anda masukkan ke dalam list liburan anda di Bandung.

1. Lodge Maribaya

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Tempat yang instagramable banget. Lodge Maribaya merupakan wisata Alam di Bandung yang sangat hits. Anda bisa mencoba sepeda Zeplin, yaitu wahana bersepeda diatas ketinggan; dan jalan yang anda lalui bukanlah jalan yang biasanya, melainkan seutas tali yang diikatkan diantara dua tiang. Ya, seperti sirkus gitu deh. Selain itu anda juga bisa mencoba wahan ekstrim lainya seperti trekking, flying fox,  dan sky swinging, menaiki balon uap dan masih banyak lagi. Ini seperti taman bermain besar untuk segala usia. Selain anda bisa mencoba wahana-wahana yang memacu adrenalin anda, anda juga bisa naik keatas rumah pohon dan nikmati indahnya pemandangan hijau disekitarnya.

2. Museum Geologi Bandung

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Museum Geologi Bandung  merupakan destinasi liburan keluarga yang bisa anda masukkan ke dalam list kunjungan anda. Museum ini memiliki beberapa pameran menarik,seperti beberapa fosil dinosaurus buatan, ada fosil yang disusun menyerupai mamoth dan juga T-rex .Tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda dan sekeluarga. Selain anda merefresh pikiran, anda juga bisa belajar sambil bermain.

3. Paris Van Java

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi


Widely Project, Rumah butik ini memiliki banyak koleksi fashion yang unik dan kekinian, dan kebanyakan dirancang oleh beberapa desainer muda. Anda juga bisa mengunjungi Rumah butik dengan harga miring di Factory Mode Factory Outlet  atau Factory Outlet Heritage Factory .

Bandung merupakan kiblatnya fashion orang Indonesia, Ada yang kurang rasanya jika tidak berbelanja ketika mengunjungi kota ini. Ada banyak distro dan rumah butik yang tersebar di seluruh Bandung. Saking banyaknya mungkin anda bingung , mau berkunjung kemana? Kami merekomendasikan beberapa tempat yang bisa anda kunjungi seperti

4. Kafe Hits

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi


Di Bandung Anda akan dengan mudah menemukan berbagai kafe yang hits dan beberapa makanan yang hits. Berikut beberapa kafe hits yang ada di bandung
  • Cireng Armor; terletak di Taman Hutan Raya Tahuura, salah satu kuliner andalanya adalah cireng Bandung yang lezat. dan juga tempatnya yang berada di tengah hutan pinus, membuat suasana tempat ini sejuk dan santai.
  • Lawangwangi; Kafe ini memiliki galeri yang menampilkan berbagai seni lokal yang keren.
  • Jack Runner Roastery; terletak di Ciumbuleuit No.42, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung
  • Warkop Modjok; Jalan Pinus Raya, Isola, Sukasari, Kota Bandung
  • Kopi Lacamera; Naripan No.79, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Pintu Biru; Gandapura No.61, Kota Bandung
5. Kawah Putih

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di kaki gunung Tangkuban Perahu. Kawah putih merupakan sebuah danau vulkanik turquoise yang cukup populer di Bandung. Terbentuk karena letusan gunung Tangkuban Perahu. Pada zaman dahulu danau ini dianggap mistis oleh masyarakat sekitar karena beberapa burung yang terbang meuju kawah tersebut akan mati. Hingga pada abad ke-19, ada seorang ahli botani dari Jerman yang penasaran dengan mitos di masyarakat, dia memutuskan untuk menjelajah diatas gunung, dan betapa terkejutnya dia menemukan kawah yang indah. Kawah tersebut memiliki Air biru jernihnya berubah dengan kondisi cuaca, dan dikelilingi dengan pasir putih halus. Vegetasi di sekitar daerah ini pun sangat berbeda dengan yang ada di bawahnya.Meski terletak di puncak kawah gunung, fasilitas penting seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia, serta jika anda lapar, disini suda tersedia restoran-restoran kecil yang siap melayani anda.

6. Bamboo Leisure Park

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Taman ini berada di atas sebuah bukit di Lembang, Dusun Bambu Leisure Park menawarkan perpaduan arsitektur modern dan pemandangan alam yang indah. Taman ini memiliki luas sekitar 15 hektar. Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan disini mulai dari bermain golf mini, meniaki balon uap, dan anda juga bisa berlatih tembak disini.

Belum lama ini, Pengelola wisata menambahkan The Labyrinth yang menjadi daya tarik baru di Desa Bambu ini. Wahana baru ini dirancang untuk anak-anak, dengan fasilitas seperti rumah mini, terowongan, dan beberapa wahana anak lainya. Jika anda lapar anda bisa mampir ke restoran Lutung Kasarung, dan rasakan sensasi makan di atas pohon pinus, dan anda juga bisa mencicipi masakan tradisional Sunda di Purbasari.

7. GH Universal Hotel

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di jantung kota Bandung, hotel bergaya Eropa klasik ini akan membuat Anda merasakan sensasi seperti berada di Eropa. Gedung ini memiliki arsitektur reinasans dengan kolam renang di tengahnya. memiliki lantai keramik marmer dan kafe atap Belle Vue. Bahkan di hotel ini terdapat penitipan hewan peliharaan, dan Anda pun juga bisa bermain dengan 60 anjing yang ada di sekitar kompleks hotel. Selain itu di hotel ini terdapat kolam renang khusus untuk hewan peliharaan juga loh.


8.Sapulidi Sawah Café & Resort 


93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di Garut, hanya 2 jam perjalanan dari kota Bandung. Tempat ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang subur dan danau yang indah. Sapulidi merupakan salah satu tempat terbaik bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Resort-resort disini juga sangat cocok untuk berbulan madu, Kamarnya terbuat dari kayu dengan mengedepankan konsep tradisional dengan sentuhan modern. Kamar-kamar di sapulidi memiliki nama yang diambil dari cerita rakyat sunda, seperti Putri No'ong, Kembang Desa, Congklak, dan masih banyak lagi.

9. Kamojang Green Hotel & Resort 

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Resort ini menawarkan konsep dengan gaya hidup tradisional Sunda. Memiliki pemandangan yang indah dan tenang, Selain pemandangan indah, anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing dan beberapa olahraga air  disini. Selain itu staff-staff dari resort ini juga sangat ramah dan selalu tanggap. Jadi jika ada sesuatu yang dibutuhkan, mereka akan menyediakanya untuk anda.



10. Tebing Gunung Hawu


93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Tebing Gunung Hawu merupakan gunung dengan batu kapur. Tebing Hawu terletak di daerah padalarang, Bandung barat. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit. Anda juga bisa menyewa hammock yang bergantung di antara dua tebing yang tinggi. Untuk bermalam disini. Di tempat ini juga digunakan sebagai area camping bagi anda yang benar-benar ingin menyaksikan sunrise yang indah dari gunung ini.

11. Ciwidey Valley Resort

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di Rancabali Ciwidey. Resort alam dengan konsep camping dan dilengkapi dengan TV datar dan kamar mandi. Disini banyak fasilitas yang disediakan seperti, kolam air panas,wahana semprotan air, seluncuran air, taman  burung, taman bermain anak-anak, dan beberapa fasilitas lain yang menyenangkan.

12. Grafika Cikole

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di kaki Gunung Lembang (sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut) dan merupakan tempat yang menggabungkan penginapan, camping, dan restoran. Memiliki luas sekitar 9 hektar dan disini terbentang  padang rumput di tengah hutan pinus yang hijau. Area camp disini sudah dilapisi dengan semen dan juga dilengkapi dengan listrik. Grafika Cikolejuga menyediakan slepping bag, api unggun dan beberapa tusuk jagung membuat camping anda menyenangkan. Dan juga anda juga bisa mencoba outbond, memetik strawberry, flying fox atau mungkin bisa berfoto di rumah pohon.

13. Farm House

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Farm House terletak tepat di Jalan Setiabudi, Lembang, dan ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Farm House merupakan sebuah wisata alam yang menggabungkan pertanian,dan juga bangunan yang unik. Disini terdapat bangunan bergaya Eropa, dan rumah Hobbit seperti yang ada di film Lord of the Rings.
Farm House adalah tempat yang cocok untuk seluruh keluarga. Anak-anak dapat bersenang-senang di area taman yang luas, sementara orang tua bisa menikmati udara pegunungan yang segar dan pemandangan yang indah. Dan tempat ini juga sangat instagramable.

14. Kota Mini Eropa


93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di kawasan Grand Hotel Lembang. Di kota mini ini terdapat beberapa bangunan yang menyerupai ikon-ikon di Eropa. Disini juga terdapat Pasar Terapung dan Taman Pelangi. Anda juga bisa menyewa gaun khas belanda dan dapatkan foto vintage yang mengaggumkan menjadi seorang noni Belanda. Jika anda lapar setelah berjalan-jalan, Pergilah ke kafe  yang ada di sekitar area kota mini

15. Chinatown Bandung

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di sekitar Kuil Satya Budhi, yang merupakan kuil terbesar di Bandung. Chinatown merupakan salah satu surga belanja dan tempat wisata kuliner di Bandung. Kawasan ini padat dengan toko-toko kecil dan gerai makanan yang menjual makanan dan barang asli khas China. Meskipun  penjualnya adalah masyarakat etnis China, Chinatown Bandung juga menjual makanan dan minuman halal.

Di sini, Anda juga bisa melihat museum yang berisi koleksi artefak vintage China seperti mangkuk dan piring porselen. Suasan juga didukung dengan lampion yang tergantung di sepanjang jalan. Toko-toko disini biasanya menjual barang-barang seperti pakaian, souvenir, hiasan rumah dan asesoris. Jangan lupa, untuk datang kesini kemampuan tawar menawar anda sangat dibutuhkan.


16. Sungai Cikahuripan


93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Pernahkah Anda mendengar mengenai canyon tersembunyi di Cikahuripan? Kanyon ini terletak hanya satu kilometer dari pintu masuk tempat wisata Cikahuripan. Jalur tersebut didominasi oleh batuan raksasa yang bisa anda saksikan sepanjang jalan menanjak di dua tebing setinggi 10 meter, melebar hingga 100 meter dari satu sisi ke sisi lainnya. Terjepit di antara tebing purbakala adalah sungai kecil Cikahuripan yang indah. Airnya berkilauan dari kejauhan, menciptakan sebuah kolam kristal yang menarik. Memiliki kedalamans sekitar 4 meter, namun beberapa tempat di sungai ini berbatu dan sedikit dangkal. Anda juga bisa menikmati berenang  di kolam renang infiny di salah satu resort disini. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

17. Dulang Resort and Resto

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Bersantailah di kolam renang dan nikmati segelas koktail yang disediakan di resort ini. Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan ladang padi dan lampu kota yang mempesona di cakrawala. Anda pun juga bisa menikmati pemandangan saat bersantap di teras yang tergantung di tepi kolam. Karena berada di ketinggian, kabut pagi akan menyambut anda saat Anda terbangun. Dulang Resort juga dirancang untuk memberikan kesan tempat yang tenang dan nyaman, yang sangat cocok untuk melepas penat dari segala beban pikiran.

18. Art Deco Luxury Hotel and Residence

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Sebuah tempat yang hits dan indah, di mana Anda tidak perlu mengedit gambar agar telihat kekinian. Kolam renang tanpa batas (infinity pool) yang disempurnakan dengan warna dan dekorasi serba putih yang memberi kesan mewah dan nyaman. Hotel ini juga dilengkapi dengan gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai sepanjang hari.

Selain kolam renangnya yang instagramable, Kamar-kamar di hotel ini juga memiliki ruang yang nyaman dan lux, Pilihlah kamar dengan balkob, dari situ anda bisa menikmati jacuzzi semi-outdoor yang menghadap ke pemandangan hijau yang subur dan menawan.

19 Sang Ria Resort & Spa

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Anda tak akan menyesal mengendarai jalan berkelok-kelok menuju Lembang; karena Anda akan menemukan tempat liburan romantis di lereng bukit, di mana pemandangan dari balkon setiap kamar sangatlah mengaggumkan. DI resort ini anda bisa bersantai di tepi kolam renang, dan menikmati pemandangan tanaman hijau subur di hutan yang membentang di luar cakrawala.

Anda juga bisa berenang di bak mandi air panas saat cuaca mulai dingin. Resort ini juga menyediakan fasilitas hiking untuk anda yang hobi berpetualang. Resor ini juga menawarkan spa untuk melonggarkan otot-otot yang sakit setelah seharian melakukan trekking di hutan. Terletak di jantung kota Lembang, resor ini hanya beberapa menit dari berbagai tempat wisata di lembang, seperti  ladang stroberi dimana Anda bisa memilih buah Anda sendiri, De 'Ranch, dan Observatorium Bosscha. Dan juga restoran terbaik, dimana Anda bisa mendapatkan sudut pandang yang sempurna di lembah ini.

Dari Rp.800.000 per kamar per malam
Lokasi : SanGria Resort & Spa - Jl. Hortikultura, Lembang, Bandung
Hubungi : + 62-22-2788777

20. D 'Moners Home

93 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Untuk anda pecinta serial animasi doraemon? Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menemui kucing Fujiko F Fujio yang futuristik ini. Kafe D'Moners akan lebih dari sekedar memuaskan cintamu tentang Doraemon di Bandung! Dari tangan pemilik yang menyukai karakter menggemaskan, kafe bertingkat dua ini dirancang untuk memanjakan penggemar Doraemon secara maksimal. Level 1 diisi dengan meja dan kursi yang nyaman yang dihiasi dengan wallpaper Doraemon, sementara Level 2 merupakan replika dari rumah Nobita, lengkap dengan kamar tidur dan meja laci ikonik yang ada di serial TV.  Menu kafe ini pun juga mengambil tema Jepang. Anda juga bisa memesan set bento Doraemon spesial, Ramen Ganari, Selimut Waktu Omurice, Jelly Translator Cheese dan makanan kesukaan Doraemon lainya seperti Puding Susu Dorayaki. Sementara Anda menunggu hidangan imut Anda untuk disajikan, Anda bisa bermain dengan boneka Doraemon, menonton serialnya  atau membaca komik yang banyak disediakan disini.



21. Gunung Batu, Lembang

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Lembang  juga memiliki tempat untuk anda yang hobby mendaki yaitu di Gunung Batu. Seperti namanya, Gunung Batu didominasi dengan permukaan berbatu hingga ke puncaknya. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Lembang, Anda bisa menyaksikan pemandangan pegunungan sekitarnya yang tidak terhalang seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari. Gunung Batu juga cocok untuk berkemah dan anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

22. Belle Vue French and Italian Bistro.

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Restoran romantis ini menawarkan sensasi makan dengan kemewahan Eropa, dengan lampu gantung dan pemandangan gunung. Disini anda bisa memesan Poulette A 'A Bierre, Tenderloving Beef, dan Chocolate Zagablione yang rasanya dijamin nendang. Pastikan untuk datang di sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bersantap seperti bangsawan di puncak kastil bergaya Jerman ini.

23. Royal Stag Bistro

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Royal Stag Bistro merupakan sebuah restoran dengan interior bergaya Inggris yang funky dan vintage. Terdapat tanduk rusa menghiasi dinding seperti di film-film koboi. Ketika masuk restoran ini, anda akan benar-benar dibuat merasakan berada di Inggris. Menunya kebanyakan berbahasa Inggris dengan twist Asia. Beberapa hidangan lezat diantaranya yaitu Golden Scotch Egg, Toad in the Hole, dan Lancashire Hot Pot.

24. Bilbao Brasserie

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Bilbao Brasserie merupakan restoran bertema unik dan terjangkau  dengan suasana romantic khas restoran-restoran di Prancis. Menu disini juga menyajikan berbagai masakan tradisional Prancis.
Hidangan yang paling disarankan adalah steak dengan tambahan keju Raclette. Pelayan akan datang dengan lembut mengikis tumpukan keju besar di atas steak empuk, yang juga disajikan dengan kentang panggang.

25. Lereng Anteng

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Merupakan salah satu restoran keluarga yang menyuguhkan makan malam dengan pemandangan panorama Bandung yang menakjubkan, udara pegunungan yang segar, dan kopi pilihan yang nikmat. Anda bisa duduk di kursi yang berwarna-warni, dan nikmati cuaca yang menyegarkan dan pemandangan pegunungan yang berkabut. Untuk menu makanan anda banyak menu masakan sunda dan Jawa. Disini juga menyediakan kopi asli Vietnam.

26. Le Delice Café and Bakery

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Kafe ini terletak di pinggiran kota Bandung .Menyuguhkan pengalaman bersantap seperti piknik keluarga, kafe ini terletak di atas rumput sintetis dengan taman dan juga tersedia alat-alat untuk piknik seperti  kain piknik tradisional piknik, keranjang rotan yang penuh dengan roti. Disini juga tersedia menu khusus anak seperti pasta, kentang goreng, sayap ayam dan es krim. Disini juga terdapat fasilitas bermain anak, jadi anda tak perlu khawatir untuk hiburan anak anda.

27. Dago Dream Park

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Dago Dream Park Terletak di Lembang yang merupakan sebuah taman keluarga, yang didesain khusus dengan nuansa khas Bali. Terdapat Pohon-pohon dan patung-patung di sekelilingnya dihiasi dengan kain kotak-kotak hitam dan putih yang ikonik, sedangakn pintu masuk Taman ini adalah sebuah jembatan yang melintasi sungai yang cukup indah.

  • Dunia Fantasi Alladin, Dengan hutan pinus tak berujung sebagai latar belakang, rasakan adrenalin saat karpet Aladdin membawa Anda naik dari satu ujung ke ujung lainya. Karpet ini akan berhenti sejenak ditengah-tengah untuk memberikan kesempatan bagi anda untuk berfoto ria.
  • Selfie dengan awan selama Skybike, anda juga berfoto dengan sepeda yang berjalan di seutas tali dengan background pemandangan langit yang indah
28. 107 Garage Room

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
107 Garage Room merupakan ruang kreatif dengan suasana hangat ditambah dengan menu makanan enak, kopi nikmat dan beberapa merek fashion lokal yang unik. 107 Garage Room terdapat gerai-gerai  favorit di Bandung mulai dari burger terkenal bersama Brother Jonn & Sons hingga kedai kopi Two Hands Full Coffee. Anda juga bisa membeli beberpa  pakaian unik dari desain lokal disini. Dengan konsep minimalis, truk makanan boho, dan tempat duduk flamboyan, Ruangan di 107 sangat instagramable, dan sangat cocok untuk berswafoto.



29. Dago Pakar

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Disini anda bisa berjalan-jalan di tanaman hijau dan jelajahi hampir 2.500 spesies fauna. Terdapat 2 taman yang cukup indah disini yaitu:

  • Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Berjarak 30 menit berkendara dari pusat kota terletak Taman Hutan Raya, atau 'TaHuRa'. Membentang di lahan seluas 590 hektar, Taman Hutan Raya dibangun untuk melestarikan keragaman tanaman dan bunga di Bandung. Disini uga terdapat Tebing Keratn, yaitu tebing dengan pemandangan pohon pinus yang hijau. Taman ini juga memiliki dua air terjun yaitu, Curug Lalay, dan Curug Omas.
  • Resort Alam Hot Spring Maribaya terletak persis di sebelah utara Taman Hutan Raya. Taman ini mudah diakses melalui Lembang, tapi anda bisa menuju ke taman ini melalui jalan setapak di Taman Hutan Raya. Berjalan melalui treks hutan sambil bernafas di udara pegunungan yang segar adalah cara yang bagus untuk meremajakan tubuh dan pikiran. Saat mencapai air terjun, Anda bisa merasakan tetesan air yang cukup segar dan dingin. dan Maribaya Natural Hot Spring Resort juga menawarkan kolam air panas alami, yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit.
30. Ranca Upas, Ciwidey

Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Terletak tidak jauh dari Kawah Putih. Di Ranca Upas, Anda bisa membeli sayuran atau wortel untuk memberi makan rusa (~ Rp 5.000) atau hanya sekedar bersantai sambil melihat rerumputan yang hijau. Disini juga terdapat rumah pohon , dan wahana air dimana anak-anak bisa bersenang-senang saat Anda berendam di mata air panas. Jika Anda merasa ingin menghabiskan malam di sini, peralatan berkemah juga tersedia untuk disewa di toko-toko terdekat.

31. Kampoeng Tulip

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Bandung dikenal sebagai Paris Van Java, namun Kampoeng Tulip merupakan sebuah taman bergaya Belanda.  Kampoeng Tulip menyuguhkan taman yang luas dengan pemandangan alam dan agagat yang paling menarik. Berjalan-jalanlah di sekitar tempat-tempat indah yang dihiasi kincir angin khas belanda dan rumah-rumah kecil yang unik. Anda bahkan bisa mengenakan kostum tradisional Belanda dan berpose untuk diupload ke medsos anda. Anda juga bisa menaiki perahu mengelilingi taman ini.

32. Taman Lembah Dewata

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
terletak di wilayah Lembang dan merupakan taman fantasi yang mirip dengan Taman Eden, dengan danau megahnya. Perancangan yang indah yang diperkuat angin sejuk dan menyegarkan yang membuatnya sempurna untuk menenangkan diri. Anda bisa menaiki perahu mengelilingi danau ini, dan nikmati keindahan alam di taman ini. Taman Dewata adalah lokasi yang tepat untuk pemotretan romantis atau untuk pre-wedding.



33. Danau Wakadobol

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Memiliki kemiripan dengan Danau Kelimutu di Flores. Danau ini terbentuk karena hujan alami yang terletak di daerah tambang. Dikelilingi oleh pemandangan berbatu yang megah, Danau Wakadobol adalah salah satu tempat yang kurang dikenal terutama karena pembatasan yang diberlakukan oleh pihak berwenang dan potensi bahaya dari tempat ini, karena merupakan kawasan pertambangan yang aktif. Bahkan, Anda juga akan melihat tanda peringatan di lokasi. Jadi, begitu Anda berada di sana, Anda disarankan untuk waspada saat buldoser datang dan pergi dengan pasir dalam jumlah besar. Namun demikian, pada hari yang cerah, Anda bisa melihat pemandangan warna-warni di Danau Wakadobol. Ketika sedikit mendung dan udara tertutup kabut, pemandanga di Danau Wakadobol menjadi pemandangan yang menakjubkan seperti panggung pertempuran dari Game of Thrones.

34. Situ Cisanti

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Terletak dua jam dari kota Bandung, Situ Cisanti merupakan sebuah tempat, dimana anda benar-benar akan mengaggumi keindahan alam semesta. Berjalan-jalanlah di sekitar mata air Situ Cisanti yang tenang dan perkebunan teh dengan suara gemericik air yang menenangkan; ditambah dengan aroma teh yang harum akan membuat pikiran Anda merasa lega dan tenang. Disini juga diperbolehkan untuk berkemah, jadi anda bisa menimati suasana malam hari dengan bintang-bintang yang indah di langit.

35. Sendang Geulis Kahuripan

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Perjalanan melalui sawah dan perkebunan teh akan membawa Anda ke tempat yang relatif terpencil di Bandung. Disini Anda bisa menikmati pesona dan keindahan kolam jernih alami. Tempat ini sangat cocok yang butuh ketenangan dan menentramkan pikiran anda. dan disinipun penduduk setempat telah menyiapkan warung makan serta fasilitas lainnya.

36. Curug Malela

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Air terjun ini memiliki tinggi 70 meter dan lebar sekitar 50 meter, Curug Malela bisa dianggap sebagai air terjun terbesar di Bandung. Terletak sekitar tiga jam perjalanan dari kota Bandung. Curug Malela merupakan salah satu tempt hits di Bandung saat ini. Jangan lewatkan untuk berkunjung disini.

37. Curug Batu Templek

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Fenomena  geologi yang langka, batuan Curug Batu Templek sebenarnya merupakan takik kecil di lempeng bumi, yang dibentuk oleh gerakan tektonik. Hal ini menyebabkan air bawah tanah secara ajaib keluar dari retakan bebatuan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim hujan (biasanya antara bulan September dan Maret) ketika aliran airnya tinggi dan berwarna coklat muda. Cara terbaik untuk sampai disini adalah dengan menggunakan motor. Setelah melewati pengrajin batu Pasar Impun, pengendara harus melakukan perjalanan mendaki beberapa bukit. Anda juga bisa menikmati pemandangan Bandung Timur dari atas bukit.

38. Air Terjun Cimahi

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Meskipun air terjun ini terletak tidak jauh dari jalan raya. begitu Anda berada disini, Anda akan merasa seperti berada di tengah hutan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter, dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bandung dan yang air terjun pertama yang memiliki lampu berwarna yang indah.

39. Bamboo Village, Lembang

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Merupakan Villa dengan konsep Rumah pohon di Lembang ini berada tidak jauh dari kota, namun begitu dekat dengan alam, Anda bisa merasakan udara segar mengangkat semangat Anda - cocok untuk anda yang menginginkan liburan santai yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Vila ini memiliki luas lebih dari 10.000 meter persegi. Bamboo Village dikenal ramah anak, dan juga memiliki vila alternatif jika Anda takut ketinggian.

40. Kebun Binatang Mini di Bandung Paris Van Java

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Begitu Anda selesai berbelanja di beberapa toko di Paris Van Java, pastikan Anda meluangkan waktu satu atau dua jam untuk pergi ke atap hotel. Ajak anak kecil dalam merawat hewan di Mini Farm dan Bird Park. Di Bird park, Anda akan diberi jangkrik di cangkir untuk diberikan sebagai makanan burung. Taman burung ini menampung beberapa burung langka di Indonesia, seperti burung beo dari Nusa Tenggara dan Hornbills dari Kalimantan. Di sisi lain atap, terdapat Lactasari Mini Farm, sebuah peternakan kecil dimana hanya ada lima spesies hewan yang dipelihara disini, yaitu kambing, domba, sapi, kelinci dan Siberia Huskies. Anda akan diberi celemek, sayuran dan sebotol susu untuk memberi makan hewan-hewan tersebut. Tempat disini terpelihara dengan baik dan bersih, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang noda dan kotoran dari hewan.

41. Perkebunan Nature's Window

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Ada beberapa objek wisata di Bandung yang menawarkan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian, yang memungkinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan hewan dan tanaman. Tapi Jendela Alam ('Nature's Window') adalah salah satu tempat terlengkap lengkap yang menyediakan keperluan diatas. Berlokasi di Jl. Sersan Baijuri, Lembang, Anda bisa berkeliaran di lahan pertanian di lereng bukit bersama anak anda dan bertemu dengan hewan. Pengunjung juga mendapat kesempatan untuk membersihkan, dan memberi makan. Anda juga bisa mempelajari metode pertanian tradisional dengan menggunakan sekop dan garu sambil benar-benar membuat tangan Anda kotor, dan bahkan teknik pertanian modern seperti hidroponik dan aquaponic bisa anda pelajari disini.

42. Situ Patenggang

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Hanya berjarak 10 menit dari 'Kawah Putih'. Legenda sekitar mengatakan bahwa Pangeran Putra Prabu dari abad ke 15 Jawa Barat dan Putri Titisan Dewi yang telah lama berpisah bertemu di sebuah pulau berbentuk hati di tengah Situ Patenggang. Pemandangan dari atas sangat menakjubkan, yaitu hamparan  perkebunan teh yang luas seperti sebuah karpet yang digelar disitu. Serta anda juga akan melihat rumah di atas air terjun.

43. Natural Resto dan Strawberry Land

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Dibawa ke Bandung oleh Belanda pada era kolonial, buah beri, paling sering stroberi, ditemukan tumbuh dengan baik di Bandung. Akibatnya, jalan menuju Lembang dan Ciwidey melimpah dengan perkebunan stroberi sehingga anda bisa datang dan memtiknya sendiri.'Natural Resto and Strawberry Land' menawarkan 1,5 hektar lahan stroberi di pedesaan Lembang, semuanya ditanam dengan menggunakan pupuk organic. Selain memetik stroberi, restoran ini juga telah ditampilkan di berbagai acara televisi, menyoroti makanan bertema stroberi seperti 'Gurame Goreng Strawberry' dan 'Nasi Liwet Strawberry' adalah dua hidangan yang harus dicoba di sini!

44. De'Ranch, Lembang

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
De’Ranch dulunya merupakan sebuah peternakan, yang kemudian ditransformasikan menjadi taman rekreasi pada tahun 2007, dan sejak saat itu, telah menjadi salah satu wisata di kota Bandung yang pouler. Disini anda akan diberi kostum koboi dan berkesempatan untuk naik kuda dan mengelilingi  5 hektar tanaman hijau di De’Ranch. Ada 22 aktivitas yang bisa dipilih, dengan biaya antara Rp 20.000 - 200.000 , termasuk panahan dan perburuan emas. Anda juga bisa belajar bagaimana cara merawat kuda dan sapi, mulai dari makan, mandi, hingga memerah susu sapi. Anda bahkan bisa membeli susu dan daging  yang segar yang dijual disini.

45. Saung Angklung Udjo

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Saung Angklung Udjo merupakan tujuan yang tepat bagi pengunjung yang mencari pengalaman hiburan edukatif di Bandung. Terbuat dari tabung bambu yang diukir untuk menghasilkan nada tertentu, Angklung menghasilkan suara tidak seperti alat musik lainnya, dan dianggap sebagai identitas unik dari budaya Sunda. Anda bisa menghadiri kelas pembuatan angklung, pertunjukan tarian tradisional dan pertunjukan wayang golek. Udjo Ngalegana, seorang pengrajin tradisional, membangun tempat ini pada tahun 1966. Semua hasil Saung Angklung Udjo digunakan untuk pendidikan siswa lokal, yang sebagian besar adalah anak-anak kurang mampu di daerah tersebut.

46. Verde Resto & Lounge

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Terletak di Jl. Dago, Verde merupakan salah satu tempat paling populer untuk nongkrong di Bandung. Verde adalah restoran dan bar, dan juga Verde terkenal  dengan makanan penutupnya. Sebuah pelangi berwarna diatas volcano pizza, terdapat api yang menyala diatas makanan anda, sebelum anda memakanya. Dan nikmati pula caramel yang lezat yang cocok sebagai hidangan penutup anda.

47. Situ Cileunca

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Dikelilingi oleh perkebunan teh, Situ Cileunca (Danau Cileunca) berada di keyinggian 1500 mdpl, di mana anda bisa menghirup udara sejuk dan segar. Di sini Anda bisa mencoba menaiki perahu dan berliling menyusuri danau dan mengagumi keindahan bentang alamnya. Anda juga bisa berjalan-jalan di sepanjang jembatan di seberang danau, yang menghubungkan dua desa. Awalnya dibangun untuk memperbaiki perdagangan antar dua desa, Dan biasanya terdapat muda-mudi yang sedang berpacaran menikmati suasana danau dari atas jembatan tersebut. Hingga akhirnya dijuluki Jembatan Cinta.

48. Sari Ater Hot Spring Resort

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Setelah seharian menjelajah kota, Anda mungkin ingin melonggarkan otot-otot yang sakit itu untuk tamasya hari berikutnya. Terletak di dekat gunung berapi, mata air panas alami telah berkembang selama bertahun-tahun dan telah digunakan oleh penduduk setempat sebagai metode relaksasi. Ditambah lagi dengan mitos di masyarakat bahwa air panas tersebut berkhasiat untuk mempercantik kulit, dan juga menyembuhkan masalah rematik, otot dan sistem saraf. Anda bisa memilih dari lima kolam renang yang tersedia disini. jika Anda tidak nyaman mandi di depan umum, Anda bisa menyewa kamar ,mandi pribadi.

49. Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Perkebunan teh sudah lama menjadi salah satu pilihan rekreasi paling menarik saat mengelilingi Bandung. Dengan angin segar dan sedikit aroma teh harum yang masih tersisa di udara, pengalaman berada di tengah kebun  teh hijau merupakan hal yang menyenangkan. Jadi, apa yang membedakan Cukul Tea Plantation dari beberapa perkebunan teh lainnya di daerah ini? Pertama, Perkebunan teh ini terletak di dataran tinggi dimana  udara masih sejuk. Kedua, terdapat kolam yang jernih dan menenangkan. Saat berjalan di samping perkebunan teh, ada juga vila bergaya Eropa i yang menambah keindahan indah dari Perkebunan Teh Cukul. Terakhir, jalur kecil di antara ladang teh akan membawa Anda ke puncak salah satu bukit, di mana Anda bisa menikmati pemandangan keseluruhan perkebunan Teh Cukul yang tenang dan indah, Pangalengan.



50. Goldstar 360

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Goldstar menyediakan makan malam romantis dengan cahaya lilin yang mewah didalam gua. Tepat di lantai tiga gedung Goldstar Sport Resto, terdapat gua-gua yang terhubung satu sama lain. Gua yang terinspirasi dari Yunani ini menawarkan konsep yang berbeda dari kebanyakan restoran di Indonesia. Berikut beberapa bagian di Goldstar:

  • Megas Lakkos - area pribadi dengan lampu biru,
  • Korydallos - area terpencil dengan tema penjara,
  • Stravomyti, Mykonos dan Petralona yang berada di tengah bagian tengah dengan jendela kaca raksasa. Dan di dinding yang menggambarkan sketsa kuno dan pola simbolis yang menciptakan suasana eksotis itu.
Makanan disini juga cukup terjangkau, lezat dan halal. Nikmati makanan favorit seperti Nasi Goreng, steak ayam atau spaghetti dengan berbagai minuman dapat dipesan disini, termasuk alcohol. Anda juga bisa  menuju ke rooftop café yang berada di lantai 5 untuk melihat pemadangan 360 derajat kota Bandung.

51. Café Abandoned Bandung

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Jika Anda pecinta film horor dan rumah hantu, kafe ini mungkin pilihan yang tepat untuk Anda! Dekorasi dari kafe ini cukup membuat anda begidik. Konon katanya, kafe tersebut merupakan tempat yang dulunya digunakan sebagai tempat pembunuhan. Cerita tersebut cukup efektif ntuk memperkuat suasana menakutkan didalam kafe.Tangga gelap dan menakutkan membawa Anda ke lantai dua. Pilihan makanan dsini cukup bervariasi tapi anda harus mencoba burger TK out-of-the-crime dengan pisau tusuk diatasnya.

52. Warkop Modjok

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Dahulu terdapat sebuah restoran kecil bernama Warkop Modjok yang tiba-tiba muncul seperti dongeng. Makanan-makanan disini akan cukup menggoda selera Anda. Jadi, segera cari tempat duduk, pesanlah nasi goreng Warkop Modjok atau beberapa makanan ringan, mulai dari Tofu Pedas hingga Keju Singkong.

53. Nanny Pavillon Home

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Merupakan Salah satu kafe terbaru di Bandung, sebelumnya Nanny Pavilion Home sudah memiliki banyak cabang di kota-kota Indonesia lainnya. interior bangunan Nanny Pavillon terdiri dari perabotannya yang cantik dan dipadukan dengan desain ruanganya yang imut. Di sini, Anda bisa memilih dengan berbagai tema seperti  Ruang Makan, Kamar Tidur, Taman, Ruang Bermain, atau bahkan Kamar Mandi. Konsep dari kafe ini berasal dari pengalaman pemiliknya saat berjumpa dengan keluarga. Anda akan merasakan seperti di rumah sendiri.

Nanny Pavillon juga terkenal karena menyajikan pancake Prancis yang lezat. Menu yang perlu anda coba disini adalah peach pancake dengan vanilla ice cream dan blueberry pancake cheese roll.

54. Goa Pawon

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Goa Pawon terletak diatas bukit Pasinggit, untuk sampai ke gua ini anda harus mendaki sekitar 20 menit  Gunung Pasigit. Goa Pawon merupakan sebuah tempat bersejarah yang penting dimana terdapat peninggalan sisa-sisa manusia purba yang sekarang dipamerkan di Museum Geologi Bandung. Lanjutkan perjalanan  ke puncak gunung dan Anda akan  menemukan berbagai batuan kaya kalsium, yang biasanya ditemukan di sepanjang pantai.

Para ilmuwan percaya bahwa pernah ada laut yang membentang dari Padalarang ke Negreg, dan Bandung berada ratusan meter di bawah air. Teorinya adalah bahwa beberapa letusan gunung berapi kemudian menyebabkan terbentuknya lembah. Di sini, Anda bisa menemukan kerang yang tertanam di bebatuan  diatas gunung ini. Aneh bukan? Karena belum banyak orang yang tahu tempat ini, pastikan Anda membawa air dan peralatan sendiri selama pendakian. Anda juga mengunjungi salah satu museum purba terbesar di Indonesi yaitu museum Sangiran.

55. Rainbow Garden di Pasar Terapung, Lembang

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Anda pasti pernah mendengar tentang Floating Market yang populer di Lembang? Terisnpirasi dari pasar apung  tradisional Thailand dimana Anda bisa mencicipi makanan lezat dan produk segar lainnya dari penduduk setempat. Disini juga terdapat sebuah taman yang indah yang bernama Raibow Garden. Dengan cuaca dingin yang ideal di Lembang, Anda pasti mengagumi taman yang penuh dengan bunga yang berwarna-warni ini. Terdapat lebih dari 100 spesies bungan yang berbeda.

Anda dibuat kagum dengan indahnya bunga-bunga yang berada disini. Disini anda juga bisa membeli beberapa tanaman dan bunga untuk orang yang Anda cintai. Dan Rainbow Garden ini juga sangat instagramable banget buat anda yang eksis di media sosial

56. Pinisi Resto

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Pinisi Resto merupakan sebuah restoran dengan konsep bangunan seperti kapal raksasa yang berlabuh di samping danau dan dikelilingi pemandangan pegunungan yang indah. Anda akan merasakan salah satu pengalaman wisata kuliner paling tak terlupakan yang pernah ada. Pinisi Resto terletak di lokasi glamping, Legok Kondang, Jika ingin makan disini, anda bisa memesanya dahulu melalui telefon.

57. Gubug Makan Mang Engking

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Bayangkan bersantap di gubuk tradisional indonesia yang dikelilingi pemandangan danau. Restoran ini memiliki beberapa cabang di Indonesia, termasuk di Jakarta, Namun yang ada di Bandung adalah salah satu yang terbaik. Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah, dan jangan lupa untuk mencoba menu andalanya yaitu udang madu. Disini juga terdapat kolam ikan dan taman bermain anak-anak agar anda bisa menikmati makan siang dengan tenang.

58. Pedesaan Tafso

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Tafso Barn merupakan  tempat kuliner hits yang harus dikunjungi. Terletak di daerah Ciumbuleuit,. Resto  ini menyuguhkan pemandangan indah Bandung, kafe cantik ini memiliki berbagai fasilitas unggulan seperti lapangan golf mini, kandang burung berukuran manusia, ayunan antik dan tenda mini. Memiliki tempat yang luas dan terbagi menjadi beberapa bagian kafe terpisah dengan konsep yang berbeda. Anda bisa memilih meja yang teduh di taman atau di pedesaan dengan tong-tong tua. Kafe ini memiliki menu yang banyak mulai dari masakan Indonesia, masakan Barat sampai masakan Jepang dapat anda nikmati.

59. Kebon Awi Kaffee

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Disini, Anda bisa menikmati pengalaman bersantap di area terbuka di tengah 25 jenis bambu. Kafe ini juga bergerak dalam pelestarian alam. Dengan koleksi spesies bambu yang luar biasa, Kebon Awi Kaffee juga menawarkan wisata pendidikan, lokakarya dan galeri patung.

Anda akan ditampung di sebuah gubuk kecil dengan sofa dan meja empuk yang nyaman. Gubuk terbesar bisa menampung hingga 20 orang sedangkan yang kecil untuk 4-6 orang. Kebanyakan masakan disini adalah masakan khas jawa, namun ada beberapa pilihan Barat.

60. The 18

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
18 Restaurant and Lounge merupakan salah satu restoran di Trans Luxury Hotel dengan pemandangan kota Bandung yang Indah. Jika anda berkunjung kesini cobalah untuk memesan ikan barramundi, parmigiana ayam dan tortellini pasta. Resto ini adalah tempat yang tepat untuk makan malam romantis bersama pasangan Anda, Nikamti makanan yang lezat sambil mengagumi lampu kota yang indah yang terbentang di bawah Anda.

61. Kalpa Tree Cafe

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Merupakan sebuah kafe dengan konsep di tengah kolam. Di sini, Anda bisa menemukan masakan Barat dan Indonesia. Jangan lewatkan Nasi Goreng Kalpa, Dory Singapore Sauce dan extra sprathetti carbonara. Selain itu, anda juga bisa memesan minuman berwarna-warni seperti semangka permen karet dan jus jeruk! Pastikan membawa pakaian ganti, jika ingin menceburkan diri ke kolam renang. Anda bisa membeli vouceher seharga rp. 80.000 untuk berenang dan satu porsi makanan.

62. One Eighty Coffee

62 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Dibuka  pada tahun 2016, One Eighty Coffee merupakan sebuah restoran yang cocok untuk keluarga. dimana orang tua bisa bersantap di kolam air sementara anak-anak bisa bermain air di kolam renang dangkal. Di restoran ini meja dan kursinya berada di dalam air dan dengan dinding beraksen bata. Selain area kolam, anda juga bisa makan di lantai 2 dengan menaiki tangga spiral menu keatas.

Ada berbagai menu masakan Indonesia dan Barat seperti Iga Garang Asam, Aglio Olio dan English Breakfast . 

Post a Comment

Previous Post Next Post